Masih Efektifkah Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari

Mungkin anda pernah bertanya di dalam benak anda masih efektikkah menggunakan absensi sidik jari? Bukan nya sekarang ini sudah ada teknologi aplikasi absensi android modern yang bisa dijadikan pengganti absensi sidik jari? Jawabannya memang tidak mudah untuk dijelaskan karena setiap sistem absensi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing.

Tapi jika berbicara mengenai teknologi, perkembangan teknologi tentunya selaras dengan perkembangan fungsi yang bisa dibilang lebih baik, artinya kelebihan aplikasi absensi android memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh absensi sidik jari. Kita akan membahas mengenai kemungkinan absensi sidik jari, tidak seefektif aplikasi absensi android di jaman sekarang ini.

Baiklah kita akan membahas mengenai mengapa absensi sidik jari tidak seefektif aplikasi absensi mobile

1.    Penerapan Dan Installasi Fingerprint Tergolong Mahal

Jika dibandingkan dengan aplikasi absensi berbasis mobile, memasang sistem absensi fingerprint ini tergolong sangatlah mahal. Alat dan juga perangkat yang digunakan untuk memasang perlengkapan ini bisa memakan dana, budget yang tidak sedikit. Belum lagi proses pengambilan data yang kemungkinan tidak secara real-time, tidak seperti di aplikasi absensi android yang bisa diambil datanya secara real-time atau langsung.

Belum lagi permasalahan seperti mesin fingerprint sendiri yang belum tentu mampu untuk dipakai banyak orang, serta jika ingin mengintegrasikan dengan sistem yang lain akan menambah budget yang harus dikeluarkan. Sangat berbeda dengan menggunakan absensi berbasis mobile, Proses instalasi tidak rumit dan juga menawarkan banyak kelebihan serta fitur HR lainnya yang tentunya memudahkan pekerjaan anda.

Baca Juga : LinovHR Mobile Attendance: Teknologi Absensi Via Smartphone

2.    Terkadang Mesin Absensi Sidik Jari Tidak Bisa Diandalkan

Yang dimaksud dengan tidak dapat diandalkan adalah terkadang mesin absensi sidik jari membutuhkan waktu lama untuk membaca image sidik jari milik kita, atau dalam kasus tertentu sering gagal dalam membaca sidik jari. Tentunya anda tidak mau berdiri lama di depan mesin absensi sidik jari dan menunggu sampai akhirnya mesin sidik jari menerima absensi anda. Selain itu kita harus benar – benar memastikan sidik jari milik kita bersih sehingga bisa dibaca dengan baik oleh mesin sidik jari.

Berbeda dengan aplikasi absensi berbasis mobile yang bisa dengan mudah untuk check in dan check out jam kerja. Kekurangannya mungkin anda harus menghapal sedikit passcode, username atau kode yang sudah diberikan kepada admin kepada anda. Selain itu anda juga bisa langsung melihat jam kerja yang anda jalani secara langsung dan real-time.

3.    Mesin Sidik Jari Memiliki Biaya Maintenance dan Perawatan Yang Rumit dan Mahal

Sebelumnya kita mengetahui bahwa pemasangan dan juga instalasi mesin absensi sidik jari lebih mahal daripada aplikasi absensi android. Perawatan mesin ini juga memiliki tingkat kerumitan dan juga tergolong mahal. Sebagai contoh anda ingin memperbaiki mesin sidik jari yang rusak, tentunya memerlukan teknisi sendiri  dan membutuhkan tambahan pengeluaran.

Dibandingkan dengan aplikasi absensi android mesin absensi sidik jari juga tidak bisa digunakan dalam jangka yang melebihi aplikasi absensi android. Katakanlah kemungkinan anda harus mengganti mesin setiap 2, 3 atau 5 tahun sekali agar sistem bekerja dengan baik. Dengan menggunakan aplikasi absensi android ini perawatannya lebih mudah dan tidak akan menambah pengeluaran dana di perusahaan anda.

Kesimpulan

Mesin absensi sidik jari dan juga aplikasi absensi android memang berbeda dan memiliki kelebihan masing – masing. Dari segi pemasangan, penerapan, dan perawatan bisa jadi menjadi faktor perbedaan yang mencolok.

Jika perusahaan memiliki banyak kantor cabang dan karyawan yang sering bekerja di lapangan maka aplikasi absensi berbasis android dapat menjadi pilihan yang tepat, Tetapi jika sebaliknya maka absensi sidik jari masih menjadi pilihan yang cocok bagi perusahaan tersebut.

About Cak Shon

Santri yang tak kunjung jadi kyai. View all posts by Cak Shon

2 responses to “Masih Efektifkah Menggunakan Mesin Absensi Sidik Jari

  • agustri

    sangat tidak efektif, buktinya saya adalah hampir tiap hari terlambat absen tapi gak mau terlambat pulang ;)) hahahaha

  • Muhammad Sidik

    Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: