Orang Kota Merindu Desa

… disini mungkin kau kan dapatkan pemandangan desa, tetapi tidak dengan suasananya – a random thought

pujon_2

Pemandangan Desa Pujon Kidul

Ndeso. Di tataran akar rumput kata ‘ndeso‘ ini memiliki konotasi negatif.  Kata ini seolah seperti self mockery, untuk menertawakan diri mereka sendiri yang lugu, terbelakang, bodoh dan miskin. Lain cerita di tataran para elit, ndeso berkonotasi positif. Yang berbau ndeso buat para elit itu ngangeni.

Di Jakarta, Surabaya, dan kota besar lainya restoran masakan ndeso justru yang elit. Pun, hotel yang menyediakan makanan-makanan ndeso adalah hotel berbintang lima. Apalagi, buat teman-teman yang lama tinggal di luar negeri yang ndeso-ndesolah yang ngangeni dan dicari-cari. Tidak sekedar makanan dan tempatnya yang ngangeni, orang-orang nya berikut cara mereka menyelenggarakan hidup pun, diam-diam ternyata terasa sangat istimewa.

pujon_1

Denah Lokasi Desa Wisata Pujon Kidul

Karenanya, desa pun kini menjadi komoditas pariwisata. Menjadi incaran para pemilik modal besar, untuk melipat gandakan modalnya. Desa wisata menjadi ceruk ekonomi yang menggairahkan dengan membidik orang-orang kota yang mulai jenuh dengan kehidupan kota yang berisik.

Salah satu desa wisata yang terkenal di Jawa Timur adalah Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang. Kami kesana tahun yang lalu. Adalah sebuah areal persawahan desa yang dipermak sedemikian rupa. Jalan menuju lokasi cukup lancar karena tidak melalui kota Malang.

pujon_3

Pemandangan Sawah

Untuk mencapai lokasi desa wisata ini, kita akan melewati jalan desa yang sempit. Tetapi jangan khawatir, beberapa pemuda desa beralih profesi sebagai penunjuk jalan menuju lokasi dan ada lokasi parkir yang cukup luas di sekitar lokasi.

Suasana sawah dan pemandangan pegunungan yang menghijau mendominasi kesan lokasi desa wisata ini. Hawanya cukup sejuk di pagi hari, tetapi ternyata cukup gerah juga menjelang tengah hari. Bunga-bunga beraneka warna yang ditanam di sudut-sudut areal persawahan mempercantik pemandangan jadilah sawah yang cantik.

pujon_34

Pemandangan Gunung

Di lokasi utama, kita akan disuguhi pemandangan berbagai tanaman yang lazim ditanam para petani. Hamparan padi yang menguning, tomat, lombok, terong, selada air, dan banyak lagi yang lainya. Di tengah-tengah sawah, ada beberapa gazebo atau saung tempat untuk duduk-duduk menikmati suasana dan untuk makan.

Warung-warung makan berjubel di sekitar sawah, dengan berbagai menu ‘ndeso’ yang jadi andalanya. Akhirnya, gazebo itu tak ubahnya restoran dengan view pemandangan sawah. Selebihnya lokasi desa wisata ini dipenuhi dengan lapak-lapak jualan makanan dan oleh-oleh, serta berbagai permainan out door.

Jika sampean datang disini untuk merasakan suasana pedesaan, sepertinya sampean bakalan kecewa. Di akhir pekan, tempat ini menjadi tak ubahnya sebuah pasar. Berjubel orang datang ke tempat ini. Untuk apa? Foto, makan, bermain, belanja, dan pulang.

Tetapi rasanya saat ini suasana menjadi jadi tidak penting bukan? Yang penting foto-foto dan tampak bahagia untuk kemudian dipamerkan di media sosial. Itu penting sekali buat kesehatan mental di jaman sawang-sinawang di media sosial kekinian bukan?

Jadinya susana desa menjadi sausana tumpah ruah orang-orang penuh gelak tawa. Ada yang berdua, bertiga, berempat, atau berombongan. Berfoto bersama lengkap dengan spanduk yang terbentang, identitas mereka. Berpose dengan berbagai macam gaya. Gaya kompak, gaya bebas, gaya smile, gaya serong kiri, serong kanan dan entah gaya apalagi. Rupanya semakin banyak orang kota yang merindukan desa seperti ini.

Di kejauhan, di luar kawasan desa wisata, kulihat ibu-ibu tani bekerja merawat tanaman mereka. Di balik caping lebarnya, terlihat wajah polos nan lugu. Masih tak ada ceria. Masih tenggelam dalam panggilan merawat alam.

***
Thanks for Reading 🙂
Matur Nuwun!
Jangan lupa, Untuk Cerita Lebih Seru, Please subscribe, My Youtube Channel ya! Klik: youtube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s