Candu-candu Baru Orang Modern

… rasanya jaman sekarang percakapan gayeng bermuwajah langsung dengan seorang sahabat yang lebih menarik dari obrolan di jagat maya adalah sebuah kemewahan – a random thought 

candu_hp

Ilustrasi : Layar Gadget

Setiap pagi hari sekali di hari kerja, sepuluh menit sebelum jam enam pagi, dan sepuluh menit sebelum jam 9 pagi aku selalu menyaksikan pemandangan yang sangat menyenangkan. Di dalam sebuh ruangan yang sempit, perempuan-perumpuan baya British, berjumlah tak kurang dari 10 orang. Mereka larut dalam obrolan gayeng yang terlihat begitu mengasyikan. Penuh keceriaan, dan canda tawa. Sepertinya mereka sedang menertawakan peristiwa-peristiwa kehidupan yang kadang konyol.

Mereka memang tak muda lagi. Keriput di muka tak bisa menyembunyikan umur mereka yang semakin menua. Tetapi sisa-sisa kecantikan masih terlihat jelas dalam air muka yang ramah bersahabat. Jiwa dan raga mereka terlihat hadir sepenuhnya dalam obrolan itu, tak seorang pun sambil bermain handphone, atau berinisiatif mengabadikan momen itu dalam rekaman kamera. Layaknya gaya anak-anak muda jaman sekarang.

Aku hanya berdiri di luar pintu, sambil sesekali mengecek handphone di kantong, pura-pura ada hal penting yang harus selalu di pantau. Sejatinya, aku menikmati suasana itu. Mendengar obrolan mereka dalam logat British local Nottingham yang sangat kental. Telinga ini rasanya masih sangat susah untuk bisa menangkap sepenuhnya bahasa tutur mereka yang begitu khas.

Diam-diam aku pun merindukan suasana hangat seperti itu. Sudah lama rasanya tidak larut dalam obrolan santai yang begitu utuh seperti itu.

Kemarin, selepas sholat jumat di masjid kampus sambil menunggu datangnya waktu sholat ashar, kulihat beberapa orang duduk saling berdekatan. Kutahu mereka sudah saling mengenal satu sama lain. Tetapi mereka tak saling bercakap-cakap. Mereka asyik dengan dunianya sendiri, begitu khusuk menatap layar handphone masing-masing. Sambil cengar-cengir sendiri.

Aneh memang orang-orang moderen jaman sekarang. Yang jauh katanya terasa dekat, yang di depan mata malah terasa jauh. Bahkan diabaikan. Orang-orang modern sedang mabuk dalam candu-candu baru. Bukan sekdar bir, anggur, dan rokok lagi. Tetapi candu sebagai konsumen teknologi informasi.

Orang-orang dibuat merasa begitu penting untuk hampir setiap saat mengecek layar handphone. Membuka notifikasi dari berbagai media sosial. Orang-orang dibuat begitu candu dengan like dan komentar dari orang lain. Orang-orang dibuat begitu candu untuk berbagi sisi kehidupanya yang seolah sangat penting untuk diketahui orang lain.

Padahal sesuai namanya, di jagat maya tak ada yang sejati. Penuh dengan kepura-puraan. Di jagat maya hanya boleh ada wajah-wajah menarik, tempat-tempat menarik, suasana dan peristiwa menyenangkan. Dari piknik di pantai, hingga makan mewah di sebuah restoran. Bahkan kegiatan beribadah kepada Tuhan pun turut dipamerkan. Benarkah kehidupan mereka sesempurna yang dipamerkan di media jejaring sosial?

Makanya terkadang aku kangen sekali mengobrol panjang dengan seorang kawan, tanpa gangguan telepon genggam. Tetapi nampaknya hal ini adalah sebuah kemewahan di jaman sekarang.

 

Advertisements

4 comments

  1. Betul sekali, mas, jangankan dg teman, ini kl weekend aja, sepertinya pergi sekeluarga tp saat makan malam, semua asyik dg hp/tablet, lhah-anak2 kl disuruh matiin hp/tabletnya trus pd cemberut… Kadang suami ngajak mkn ber-2, tp kok ya dia sibuk dg hpnya 😀, sampai sy bilang”diajak mkn ber-2, tp kl sdh di-anggurin… Nasib…”

  2. Iya, sejak sy complain skrg sdh mendingan, malah kadang dia yg ngingetin sy kl di rumah sy terlalu asyik dg hp (podo wae ternyata 😀), yg msh susah ya ngurangi kecanduan di anak2, apalagi yg sdh abg, hadeeew….
    Btw, kapan pulang indo, si kecil nya sehat aja kan?…salam utk keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s