Do’a Agar Skripsi/Tesis/Disertasi Cepat Di ACC

… ini tips, hanya buat mereka yang masih percaya dengan kekuatan rapalan doa-doa. – a random thought.

sholat_tasyahud

Ilustrasi : Sholat

Jebule, banyak yang nyasar ke blog ini atas rekomendasi mbah google gara-gara bertanya kepadanya: “doa agar skripsi cepat di acc”. Hehe, rupan-rupanya di bumi manusia ini, banyak yang sedang stres atau bahkan mungkin depresi dengan skripsi, tesis, disertasi wa akhoawatuha.

Beruntunglah sampean yang kebetulan memiliki dosen pembimbing yang baik hati, ndak terlalu demanding, selalu memotivasi , cepat dalam memberi feedback dan masukan dan yang paling penting very helpful. Sayang, tidak semuanya begitu. Ada dosen yang terlalu demanding, perfeksionis, ekspektasi terlalu tinggi, bahkan killer dan suka meremehkan kita, super lelet dalam memberi feedback, super sibuk lagi, serta parahnya ndak begitu helpful. Yang kadang, membuat kita merasa jengah meskipun sudah berupaya sekuat tenaga.

Sepanjang sejarah perkuliahan saya, saya pernah memiliki dosen tipe pertama. Duh setiap bertemu denganya rasanya sangat menyenangkan, menentramkan, tanpa sedikit pun rasa takut. Karena pandai memotivasi dan menghargai, otak rasanya menjadi sangat encer. Tapi, saya juga pernah (bahkan sedang :p) memiliki dosen tipe kedua. Argh, lewat depan pintu kantornya saja bikin jantung deg-degan. Apalagi bertemu denganya, rasanya lidah tiba-tiba jadi kelu dan otak mendadak menjadi beku.

Tapi saya yakin, keduanya demi kebaikan kita. Hanya caranya saja yang berbeda. Dosen memiliki caranya sendiri-sendiri dalam mendidik mahasiswanya. Jika kita terima keduanya secara positif, hasilnya pun pastinya positif. Untuk bisa tumbuh kadang kita perlu kesakitan. Toh keberhasilan pendidikan itu bukan sekedar diukur dari seberapa cepat dan angka yang kita peroleh ketika lulus, tapi sikap dan cara berfikir yang terbentuk dari proses pendidikan.

Walaupun dealing with dosen tipe kedua ini tidaklah pernah mudah. Kalau lagi bad bood, sang dosen bisa marah-marah, menghina-hina pekerjaan kita. Kalau sudah begitu, dunia rasanya mau kiamat, tidur tidak nyenyak, makan tidak enak, detik demi detik waktu berjalan penuh dengan rasa ketakutan dan kekhawatiran, semangat hidup jadi meredup, bahkan membawa kita kembali bertanya: buat apa kita hidup ini?. Lebay, memang terdengar nya. But, indeed it is a real story, Bro!

Beruntung, saya gini-gini pernah mondok di pesantren tradisional. Tempat dimana hal-hal yang bersifat meta-fisika masih sangat dipercaya. Tempat dimana kekuatan rapalan doa-doa masih sangat dipercaya. Dan meski saat ini saya tinggal di tengah-tengah peradaban Eropa, dimana kekuatan sains dipuja, dan kekutan rapalan doa-doa dibilang hanya ilusi belaka, tetapi I keep on strongly believing dengan kekutan rapalan doa-doa itu.

Dan saya membuktikanya, it works. Setidaknya membuat hati kita menjadi lebih tenang dan rileks. Sekuat-kuatnya manusia, tak akan mampu mengalahkan kekuatan yang membuat manusia. Sekeras-keras hati manusia, bisa dilembutkan oleh yang maha lembut.

Berikut amalan do’a, sebagaimana diijazahkan oleh kyai ku dulu (download disini). Buat sampean yang sedang berjuang menyelesaikan skripsi, tesis, disertasi wa akhowatuha, semoga dosen nya segera happy dan disetujui, segera lulus, dan ilmunya manfaat barokah. Do’a ini juga efektif, untuk menundukkan hati seseorang yang menurut kita very-very challenging to be dealing with him/her. Saya sudah mengamalkanya sendiri, and it works Bro!

Catatan Kaki:
1. Jebule [bahasa jawa] : ternyata
2. Wa akhowatuha [bahasa arab] : dan sejenisnya

Advertisements

12 comments

  1. Fatihah ila man ijazahu alfatihah…
    Maaf Pak Ahmad Muklason kalo boleh tau kyainya siapa? Dan mondok dimna? Terimakasih

    Qobiltu..

  2. Betul, setuju, leres, right 100%. Sy jg berulang kali membuktikan. Walau sdh puluhan th kerja, tp tiap kali ditugaskan presentasi di depan calon customer mesti adem panas (dr sejak sekolah paling ga hobi ngoceh di depan kelas :-D) biasanya pas berangkat ke tempat rapat itu, sy dia dlm hati-mohon dilancarkan n diberikan kemudahan n biasanya emang berhasil. Tp jg pernah lupa ga doa pas berangkat, wah-proy presentasi bener2 adem panas gara2 pertanyaan client yg bener2 bikin kelabakan. Hal2 Jaya gitu….just believe it or not, ya mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s