Tips Membuat Visa Schengen dari Inggris

…. sekedar berbagi pengalaman aplikasi visa Schengen dari Inggris – a random thought

venice

Venice, Italy (Sumber: easyjet.com)

Buat sampean yang tinggal, belajar, atau bekerja di UK,  jika ingin bepergian ke negara-negara Eropa daratan, i.g. Italia, Perancis, German, dll maka sampean harus memiliki visa Schengen namanya. Nah, bagaimana cara membuatnya? Berikut tips dan trik dari saya.

  1. Tentukan negara tujuan pertama. Di negara tujuan pertama inilah kita akan memasukan aplikasi visa Schengen kita. Selanjutnya, visa schengen ini bisa digunakan masuk ke 26 negara dalam wilyah Schengen (bisa dilihat disini), yaitu:
    1. Austria
    2. Belgia
    3. Republik Ceko
    4. Denmark
    5. Estonia
    6. Finlandia
    7. Perancis
    8. Jerman
    9. Yunani
    10. Hungaria
    11. Islandia
    12. Italia
    13. Latvia
    14. Lithuania
    15. Luxembourg
    16. Malta
    17. Belanda
    18. Norwegia
    19. Polandia
    20. Portugal
    21. Slovakia
    22. Slovenia
    23. Spain
    24. Swedia
    25. Swiss
    26. Liechtenstein
  2. Melihat informasi umum tentang visa schengen via website VFS.Global, bisa dilihat disini , lalu pilih tujuan negara pertama sampean. Misal karena tujuan saya adalah visa tourist ke Italia, maka informasi umum visa scengen bisa dilihat disini .
  3. Mengisi formulir online:
    1. Siapkan pasport dan Visa UK atau Biometric residence permits (BRP)
    2. Reservasi akomodasi hotel, harus fully booked. Nama hotel, alamat, dan nomor telpon hotel harus dimasukkan ketika mengisi formulir online.
    3. Registrasi user : disini .
    4. Login, dan mengisi formulir online: disini .
  4. Membuat appointment untuk submit dokumen: disini .
  5. Menyiapkan dokumen persyaratan, sebagai berikut:
    1. Print out appointment confirmation (diperoleh setelah memilih tanggal appointmrnt di Langkah 4.
    2. Print out formulir aplikasi yang sudah diisi secara online (Langkah 3)dan ditandatangani.
    3. Passpor dan foto copy halaman pertama yanga da fotonya, harus ada minimal 2 halaman kosong, harus masih berlaku setidaknya 90 hari setelah kembali dari negara area Schengen dan usia paspor tidak boleh lebih dari 10 tahun.
    4. Visa atau BRP, UK Residence permit dan foto copy nya, harus masih valid setidaknya 90 hari setelah kembali dari bepergian ke negara Schengen.
    5. Satu foto berwarna terbaru (maksimal berumur 6 bulan) ukuran paspor (4.5 cm x 3.5 cm), background berwarna putih.
    6. Surat bukti pekerjaan: untuk mahasiswa harus berupa student status confirmation letter dari universitas  (biasanya bagian student service), atau dari kantor tempat bekerja di alamatkan ke Italian consulate (sesuaikan dengan negara tujuan). Surat harus asli dan ditandatangani asli dengan menyebutkan nama dan jabatan (tidak boleh tanda tangan digital/scan/fotocopy).
    7. Print out tiket pesawat/bus/kereta return (pp) yang sudah dibayar penuh. Jika tiket dibeli lewat agen, receipt, invoice atau payment confirmation harus disertakan.
    8. Print out bukti pemesanan akomodasi (hotel) harus fully booked.
    9. Print out bukti travel insurance (oleh perusahaan asuransi di UK) harus mengcover selama perjalanan, dan mengcover minimal  € 30,000 untuk  emergency medical and repatriation expenses.
    10. Bank Statement atau rekening koran, tiga bulan terakhir yang dikeluarkan oleh bank pada tanggal di bulan yang sama dengan pada bulan saat akan submit dokumen. Saldo minimal €50 per hari. Jadi,  misal rencan mau jalan-jalan selama sepuluh hari maka harus ada saldo minimal € 500.
    11. Jika pernah apply visa schengen sebelumnya dan ditolak, maka surat penolakan (refusal letter) harus disertakan.
  6. Submit dokumen di VFS London, e.g. untuk Italia di Italy Visa Application Centre 66 Wilson Street EC2A 2BT London, atau sesuai alamat yang tertulis di appointment confirmation.
  7. Mengambil visa yang sudah jadi sendiri atau bisa  request jasa pos.

Tips untuk aplikasi Visa Schengen:

  1. Tanggal appointment biasanya paling cepat available 1 minggu kedepan, jadi misal tanggal 1 sampean membuat appointment , paling cepat sampean bisa submit dokumen pada tanggal 8. Tergantung traffic, menjelang musim liburan biasanya sangat padat.
  2. Bank statement harus ada setempel dari bank.
  3. Untuk akomodasi, jika rencananya tidak menginap di hotel, misal menumpang di rumah teman, atau masih bingung mencari hotel yang murah, sebaiknya booking hotelnya di booking.com,  kenapa? karena disini kita bisa full booking hotel tanpa uang muka satu sen pun dan bisa dibatalkan tanpa dikenakan biaya pembatalan. Jadi, setelah visanya jadi, booking hotelnya bisa dibatalkan begitu saja.
  4. Untuk foto ukuran paspor, paling tidak ribet adalah foto di mesin photo-me booth yang tersedia di pusat-pusat perbelanjaan dan di kampus. Harganya £5, harus pakai uang receh, dapat 5 buah foto ukuran paspor. Tinggal cekrek langsung jadi.
  5. Untuk tiket, jika naik pesawat cukup menunjukkan tiket pesawatnya saja, tidak perlu menunjukkan tiket transportasi lokal.
  6. Untuk Travel insurance banyak yang murah, salah satunya adalah Staysure hanya sekitar £1 per hari.
  7. Resminya biaya visa Scehengen adalah: £47.10 , tetapi ada yang namanya service fee sebersar sekitar £17 plus kalau menggunakan jasa kurir ada biaya pengiriman cukup mahal, total semuanya jadi sekitar £78.
  8. Lama pemrosesan maksimal 10 hari, pengalaman saya kemaren, memasukkan dokumen hari selasa, hari jumatnya visa nya sudah sampai di rumah saya di Nottingham. Jadi dua hari sudah jadi.
  9. Jadi biar aman, pastikan sampean sudah mengisi formulir online untuk aplikasi  visa schengen setidaknya dua minggu sebelum hari-h keberangkatan.

Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat selamat jalan-jalan!

Advertisements

7 comments

  1. Kalau bikin visa di italy tp masuknya dari paris juga harus sertakan bukti tiket paris italy apa cukup tiket return dari UK ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s