Festival Pinggir Sungai Trent

… hidup di jaman penuh keberlimpahan, sepertinya hanyalah perayaan dari festival satu ke festival yang lain. – a random thought

festival_sungai_trent_1

Bibir Sungai Trent, Nottingham

Lagi, ini adalah cerita tentang festival. Yah begitulah, hidup orang-orang di negeri yang makmur penuh keberlimpahan secara ekonomi seperti di Inggris ini, seolah hidup adalah rangkaian festival yang patut untuk dirayakan. Kabarnya, standar budaya hidup orang disini adalah haruslah seimbang antara mencari penghidupan dan merayakan kehidupan. Life is for living, begitu katanya.

festival_sungai_trent_2

Salah satu bentuk olah raga air di sungai Trent Nottingham

Festival kali ini namanya adalah festival pinggir sungai, The River-side Festival, agenda tahunan setiap musim panas yang diadakan di pinggir sungai Trent, sungai yang membelah kota Nottingham, selama tiga hari tiga malam.

Kalau di negara-negara yang masih terbelakang dan berkembang sungai tak ubahnya sebagai tempat sampah yang sering menimbulkan berbagai masalah kota, banjir misalnya; di negara-negara Eropa pada umumnya, sungai adalah tempat yang sangat menyenangkan. Sebagai jalur transportasi air,  tempat wisata, tempat berbagai olah raga air, tempat pelestarian berbagai jenis satwa, atau sekedar tempat berkumpulnya warga kota seperti festival pinggir sungai di Nottingham ini.

festival_sungai_trent_3

Lomba Balapan Perahu Naga

Aku sendiri paling jatuh cinta dengan keteduhan dan ketenangan yang ditawarkan oleh sungai. Jalan-jalan atau bersepeda di pinggir sungai, lalu duduk di bangku yang menghadap langsung sungai  yang airnya jernih itu, sambil membaca buku. Dengan latar kiri, kanan, dan belakang berupa hamparan rumput sungai yang menghijau rapi, dan suara bebek, angsa, dan burung camar, serta belaian angin sungai yang berhembus sepoi-sepoi. Argh, rasanya seperti nuansa surga yang bocor sejenak di bumi.

festival_sungai_trent_7

Salah satu wahana permainan yang cukup ekstrim

Saat festival pinggir sungai itu, orang-orang menyemut memadati bibir sungai. Ada kompetisi balap perahu naga yang diikuti ratusan tim. Orang-orang bersorak sorai menyemangati tim jagoanya masing-masing. Tetapi, banyak juga yang sekedar duduk-duduk sambil berjemur di pinggir sungai.

festival_sungai_trent_6

Mesin Pemutar Alat Musik Klasik

Di sepanjang pinggiran sungai itu juga ada beberapa pertunjukan, mulai dari pertunjukan berbagai jenis musik, hingga aksi akrobatik. Berderet-deret food stall yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman pun juga ada. Tak ketinggalan, berbagai jenis wahana permainan fun fair, mulai dari komidi putar hingga wahana permainan super ekstrim buat yang suka memacu adrenalin.

festival_sungai_trent_4

Di antara kerumunan Orang-orang

Yang paling aku suka adalah suasana klasik Inggris tempoe doeloe ada disini. Ada seperangkat sistem alat musik jadoel otomatis bentuknya seperti kereta api kuno yang memainkan alunan musik klasik itu. Saya jadi ingat suasana Christmast Market di kota Lincoln yang aku datangi tahun 2012 lalu. Berada di tengah-tengah kerumunan orang-orang  Bristish seperti ini, membuat aku merasa sedikit blended menyatu menjadi bagian tak terpisahkan dari mereka. Tidak merasa teralienasi, sebagai orang asing yang numpang hidup sebentar di negeri orang seperti biasanya.

festival_sungai_trent_5

Jajanan pasar tradisional ala orang Inggris

Di malam hari, saat hari sudah gelap, ada pesta kembang api memeriahkan suasana malam yang hangat, dan tentu saja pesta minuman berakohol hingga larut malam. Begitulah cara mereka merayakan kehidupan. Atau bisa jadi, cara mereka melupakan sejenak segala permasalahan kehidupan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s