Musim Hujan di Kota Ku

… tentang hujan di kota Nottingham – a random thought

043

Ilustrasi: Hujan (terselubung.in)

Tidak menyangka suasana musim hujan di negara tropis bisa dirasakan di kota ku ini, kota negeri empat musim. Sudah hampir seminggu ini, hujan rintik-rintik nyaris sepanjang siang dan malam. Hawa musim panas yang gerah, mendadak berubah menjadi hawa musim hujan negeri tropis yang sejuk seminggu ini.

Berawal hari jumat menjelang kemaren, saat bocah-bocah di sekolah anak lanang ku sedang mengadakan pesta merayakan ulang tahun Yang Mulia Ratu Elizabeth II yang ke-90. Langit tiba-tiba gelap, geledek bergemuruh, dan hujan deras membasahi seluruh sudut kota. Suara geledek yang tak lazim terdengar di kota ini, sore itu menjadi bahan perbincangan hangat bocah-bocah di sekolah anak ku. Riuh rendah suara “thunder storm, thunder storm” terdengar begitu menggairahkan saat bocah-bocah itu pulang di jemput orang tua masing-masing. Sesudahnya, hingga hari ini, langit selalu mendung, dan rintik hujan seolah tak pernah berhenti merembes dari langit.

Hujan, bisa jadi mengundang kedukaan bagi banyak orang. Tetapi, hujan juga membawa kebahagiaan bagi para penikmatnya. Buat ku, saat hujan turun di pagi hari adalah waktu yang paling sempurna untuk menikmati kehidupan. Bermalas-malasan atau setidaknya bersantai-santai.

Sekedar berdiam diri di balik selimut atau menikmati hujan di pagi hari dengan secangkir kopi panas, pisang goreng anget, teh nasgitel (panas, legi, dan kentel) boleh juga, ngobrol gayeng bersama dengan orang-orang yang kita cintai atau berduaan dengan buku sastra kesayangan. Hehe, sayang semua itu hanya hayalan imajinasi belaka, karena hari-hari ini adalah hari-hari puasa Ramadlan.

Tetapi setidaknya, aku masih bisa bermalas-malasan dengan menatap hujan, sambil menulis bait-bait puisi. Ooops, sayang aku bukanlah pujangga yang lembut hatinya, yang bisa melukis hujan dengan sketsa kata-kata yang indah. Yasudah, yang penting aku menulis, menulis sekedar tulisan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s