Obat Stres Itu

Urip iku ora gampang, nanging ojo tok gawe Angel -Anonym

Urip_Iki_Ora_Gampang

Dari Group WA

Teman sebelahku, baru saja ketemu ndoro dosen nya. Kembali duduk beberapa centi meter di sebelah kiriku tanpa sepatah kata. Dahinya mengernyit. Sesekali kepalanya dipegangi, terlihat sedang berfikir keras, sangat-sangat keras sekali.

Dihadapanya, secarik kertas putih penuh coret-coretan, dan rumus-rumus matematika yang kelihatanya sangat pelik dan rumit itu. Pada monitor di depanya nampak program Maple dan Eclipse, untuk menulis rumus dan menulis code program.

Beberapa jenak kemudian, sang teman beranjak dari duduknya, masih tanpa sepatah kata. Di kepalanya seolah terdapat beban berat, berat sekali. Dia berjalan ke arah pintu, sesampai di daun pintu berjalan balik kembali ke mejanya.Sesampainya di dekat mejanya yang berantakan itu, dia berjalan berputar kembali ke arah pintu. Begitu seterusnya berulang-ulang,  entah berapa kali putaran. Yang jelas lebih dari tujuh putaran. Sebelum akhirnya duduk kembali di  kursi sebelah ku itu, masih tanpa sepatah kata. Ku hanya meliriknya sejenak, juga senyap tanpa kata.

Beberapa jam kemudian, aku barusan kembali dari ruang ndoro dosen ku. Dengan pikiran kacau, kacau sekali. Campuran pusing, pening, dan keputusasaan yang coba ditahan-tahan sekuat asa. Ku hempaskan kertas beberapa lembar penuh dengan coretan-coretan bolpoin merah itu, di meja ku. Huhh….

Seorang Mahasiwa dari negerinya Firaun, yang lebih yunior dari kami, seperti biasa tiba-tiba muncul tak diundang di mulut pintu. Tertawa penuh riang, lalu mendekat ke arah kami. Tertawa itu tak lebih dari tertawa ledekan menurutku.

 have you finished? you are getting more and more senior in this school. Hihihihi

Pertanyaan itu selalu diulang-ulang lagi, entah sudah berapa ribu kali. Padahal kami sudah pernah menghardik nya, untuk jangan menanyakan pertanyaan itu lagi, lagi, dan lagi. Apalah artinya sebuah tanya, jika kau sudah menyimpan jawabanya. Pertanyaan mu itu sama menusuknya dengan pertanyaan “kapan menikah?” kepada seorang jomblo senior yang belum jua ketemu jodohnya. Atau “kapan neh punya momongan?” kepada pasangan yang sudah lebih sedasawarsa menikah, tapi belum jua dapat momongan.

Tertawanya, semakin pecah ketika kedua matanya menatap tumpukan kertas penuh oret-oretan merah di meja ku itu.

hhahahah, is it comments for you?

Dalam hati aku menghardik: ” anc******k,  ndas MU pecah!” Oh Men, aku bisa membedakan antara perhatian yang tulus dan ledekan mu itu.

Kepala ku rasanya masih keram, tak mau diajak mikir lagi. Kubuka-buka foto di Handphone, kutemukan gambar di atas. Gambar yang dikirim oleh salah satu teman di salah satu group Whatsapp.

Buat ku, tulisan pada gambar di atas terbaca: “PhD iku ora gampang, nanging ojo tok gawe angel -PhD itu tidak mudah, tetapi jangan kau bikin susah.  Terus, mendengarkan lagu kebangsaan, hingga perlahan otak mau diajak mikir kembali.

Oh, betapa pahit,  getir , dan melelahkanya titian takdir perjuangan ini, kawan !

Tuhan, karuniakan kepadaku kesabaran, keikhlasan, kesyukuran dan semangat yang berlipat-lipat,  dan bertumpuk-tumpuk, jauhkan dari hal yang paling aku takuti : Menyerah, Putus Asa, dan menjadi pecundang !

Advertisements

13 comments

  1. Amien, cak…

    Yen aku ngikuti artikel nang blog-e sampeyan, koyone ancen gak gampang yo nglakoni S3. Nang negeri asing pisan. Mugo2 bar iki oleh ilham yang tidak disangka-sangka sing nggarai dalan moro ketok ombo & padang sebagaimana Tuhan melapangkan jalannya Musa A. S. saat menyeberangi Laut Merah 😀

  2. 😀kebayang kok gimana rasanya, sdh hasil mikir di-reject, eh-lha kok ditambahi ada yg manas2i…tp gpp mas, anggap itu buat pemicu utk segera merampungkan – menyelesaikan – melangkahkan step terakhir yg sdh ngintip2 itu, mas…💪🏃👍

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s