Tips Mendapatkan LOA dari Kampus di Luar Negeri

Do it Now !

oxford_library

Ilustrasi: Kampus Universitas Oxford, UK

Kawan, saya mendapatkan beberapa email yang bertanya tentang bagaimana cara mendapatkan Letter of Acceptance (LOA) / Letter of Offer dari kampus di luar negeri? Nah, daripada saya menjawab satu persatu, ada baiknya jika saya tulis disini saja. Siapa tahu juga bermanfaat buat teman-teman yang lain.

Sebelumnya, silahkan baca tulisan saya sebelumnya tentang Tips persiapan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, disini. Intinya, pastikan sampean sudah mantap dengan Universitas dan jurusan pilihan. Jangan hanya terpukau dengan peringkat overall kampus, karena banyak kampus yang peringkat overall nya biasa-biasa saja, tapi memiliki reputasi sangat bagus di Jurusan tertentu. Misalnya, di Universitas Nottingham, terkenal dengan jurusan Farmasi, Hukum, dan Ekonominya. Universitas Durham, terkenal dengan Jurusan Ekonomi dan Keuangan Islamnya, atau London Business School, yang terkenal dengan School of Business nya.

Pastikan juga, sampean sudah melakukan riset mata kuliah apa saja di Jurusan tersebut. Berbeda dengan di Indonesia, di Eropa, di Inggris khususnya, Master itu sangat-sangat spesifik bidangkan dan banyak sekali pilihan spesialisasinya serta banyak juga yang inter-disciplinary, misalkan MSc in Computer Science and Entrepreneurship, MSc in Computer Science and Operation research, dan sebagainya.

Setelah sampean mantap dengan beberapa kampus dan jurusan yang sampean pilih, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara mendapat LOA, atau surat pernyataan yang menyebutkan bahwa kita diterima di kampus yang kita tuju. LOA ini penting, dan bisa menjadi pertimbangan penting, saat sampean melamar sponsor beasiswa pihak ketiga, seperti beasiswa lpdp, DIKTI, atau idb.

 

contoh_loa

Ilustrasi: Contoh LOA dari Universitas Nottingham

 

LOA ini ada dua macam, yaitu LOA unconditional dan LOA conditional. Unconditional, artinya sampean dinyatakan diterima 100 persen tanpa ada persyaratan lagi yang harus dipenuhi. Conditional, artinya sampean dinyatakan diterima bersyarat, misalnya masih harus bisa menunjukkan sertifikat IELTS dengan overall score 6.5.

Bagaimana cara mendapatkan LOA ini?

Caranya gampang sekali. Cara pertama, untuk typical sampean yang bossy, ndak mau susah-susah nyarik sendiri. Pengenya ada orang lain yang membantu mendapatkan LOA, maunya tinggal terima beres. Ini bisa dilakukan dengan melalui agen pendidikan kampus-kampus luar negeri di kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya. Agen-agen ini juga sering mengadakan pameran-pameran pendidikan luar negeri di hotel-hotel mewah di kota-kota besar. Agen-agen pendidikan ini misalnya Ibec untuk kampus-kampus di Inggris, dan IDP untuk kampus-kampus di Australia. Silahkan datang di agen-agen tersebut, sampean akan mendapatkan bantuan yang hangat hingga sampean mendapatkan LOA di tangan.

Cara kedua, untuk sampean yang suka petualangan, dan menikmati proses berjuang sendiri. Ini cara yang saya lakukan. Caranya adalah dengan melakukan aplikasi online di website Universitas yang kita tuju. Setelah registrasi online, kita biasanya diminta untuk mengirimkan dokumen yang diminta via pos. Jika berhasil, kita akan mendapatkan LOA dalam hitungan bulan, yang dikirim baik lewat pos ke alamat kita atau bis dikirim lewat email. Untuk di Universitas Nottingham, misalnya bisa dilakukan disini.

 

aplikasi_online

Ilustrasi: Pendaftaran Online di Universitas Nottingham

 

Perlu diperhatikan, ketika memilih program studi master di kampus-kampus di Inggris, bahwa di inggris ada dua jenis Master: yaitu Taught Postgraduate gelarnya: M.A, M.Sc., M.BA, dll, dan Master By Research gelarnya: M.Res. Bedanya, kalau di taught postgradute kurang lebih sama dengan di Indonesia, ada kelas dan disertasi. Sedang Master By Research ini, tidak ada kelas, langsung melakukan research seperti mahasiswa PhD. Keduanya bisa ditempuh dalam kurun waktu satu tahun saja.

Persyaratan standard untuk aplikasi kampus di luar negeri adalah:

  1. Ijazah dan Transkrip Nilai, pastikan sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.
  2. Dua surat rekomendasi atau reference letter, dari atasan (jika sudah bekerja) atau mantan dosen sampean.
  3. Sertifikat IELTS atau TOEFL ibt, kampus di Eropa dan Australia, IELTS lebih banyak digunakan daripada TOEFL ibt, walaupun TOEFL ibt juga bisa digunakan di kampus-kampus Eropa. Untuk jurusan sosial biasanya mensyaratkan score overall 6.5, sedangkan jurusan sains dan teknik, biasanya cukup dengan score overall 6.0. (cek pada saat aplikasi online).
  4. Personal statement, untuk ini baca tulisan saya sebelumnya disini.

Demikian tips nya, gampang kan? Tunggu apa lagi, yuk apply online sekarang juga ! disini ! Semua persyaratan bisa menyusul kok ! Semoga sukses ya!

Baca Juga :

Advertisements

21 comments

    1. kami dari Focusenterprise, konsultant pendidikan S1,S2, dan specialist kedokteran tidak hanya memberikan konsultasi dan pendampingan tetapi kami mengurus semua dokumen termasuk LOA untuk mendapatkan universitas di Jerman
      Kunjungi web kami di http://www.focusenterprise.co.id
      IG : infojerman atau focusenterprise
      FB : focusenterprise
      Tweeter : studyjerman_FE
      office : 021 88850791

      feel free to contact our admin : 087770320087 (Lydia)

  1. Makasih mas infonya, saya mau nanya nih, klo saya ingin melakukan exchange ke universitas luar negri tp membutuhkan LOA agar dibiayai universitas, bagaimana caranya yah mas ?
    1 lg klo toefl itu syaratnya apa memang harus ibt mas? Bagaimana klo kt hanya memiliki toef itp
    terimakasih

  2. Wah artikel bagus n bermanfaat, mas sy mw tnya, sy mw coba daftar di universitas2 di jepang, nah utk dpt loa katax dsuruh contact future supervisor, masalahx sgt susah sekali mndapatkan email prof2 disana, udh dcari di google melalui jurnal ilmiah mereka, eh ga da yg mencantumkan alamat emailx, jd saya hrus bgaimana yaa?
    Yg kedua, untuk mendaftar ada biaya aplikasi, yg mahaaaal bgt, kita kan blm ada sponsor, jd apakah biaya itu d tanggung sendiri? Dan juga, apakah saat ujian masuk kita hrus dtg di negara tujuan? Kalo ga diterima kan kita udh jauh2 dtg. Mohon pencerahanx mas, terima kasih .

    1. pasti ada kontak emailnya lah kalau jurnal ilmiah.
      ada beberapa kampus yang gratis biaya aplikasinya, kalau mau gratis datang saja pas ada pameran pendidikan, biasanya pas pameran mereka membebaskan biaya aplikasi. Goof luck ya!

  3. Halo. makasih postingannya sangat bermanfaat. saya mau tanya, kalo translate transkrip sama ijazah ke b.ing itu dilakukan oleh pihak universitas apa gimana ya? hehehe masih baru soalnya jadi blm paham

  4. Cak, saya sangat sering scrolling blog sampean hehe. Saya sangat suka dengan tambahan aksen2 jawanya, karena kebetulan saya juga orang jatim yang pernah tinggal di Kediri,Malang, dan Surabaya. Saya insyaAllah akan meneruskan s2 tahun dpan di UoN juga. Sangat bermanfaat dan inspiratif sekali 🙂

  5. Maaf pak saya mau nanya tentang translate ijazah.. Saya alumni unpad di ijazah kami sudah ada bahasa indonesia dan dibawahnya ada translate inggrisnya.. Apa masih perlu diterjemahkan ke penerjemah tersumpah?

  6. Wahh keren, saya makin semangat, tapi masih harus berusaha untuk ngejar nilai TOEFL IBT dulu, 😀
    ada trik ga cak untuk orang yang bekerja gmn cara persiapan utk ngambil beasiswa? saya tertarik ingin mengambil Competition Law. suwun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s