Cuaca yang Menyebal

snow_nott

Otw to Campus: Salju di Nottingham, 2013

Katanya, cuaca di Inggris itu seperti perempuan. Tidak bisa diprediksi. Katanya,  ada dua hal di Inggris yang tidak boleh terlalu dipercaya: perkataan perempuan dan perakiraan cuaca. Cuaca di Inggris memang susah diprediksi, dan bisa berubah secara tiba-tiba. Pagi hari cerah tanpa awan, menjelang siang bisa tiba-tiba hujan, cerah kembali sore hari, dan semalaman turun salju. Hari ini sangat dingin, esok tiba-tiba menghangat kembali.

Cuaca di Inggris memang susah untuk dipahami, bahkan model matematis yang telah diteliti lebih satu abad pun, sering gagal digunakan untuk memprediksi. Sama halnya dengan perempuan, yang sangat susah untuk dipahami, bahkan mungkin untuk dipahami perempuan itu sendiri. Tapi, mungkin itulah yang menjadikan hidup dengan perempuan selalu menarik. Jika semuanya bisa dipahami, dimodelkan, dan dikendalikan, apa bedanya hidup dengan robot humanoid.

Sebagai mana kehidupan kita pada umumnya, misteri, teka-teki dan ketidakpastianyalah yang menjadikan hidup ini menjadi menarik bukan? betapa membosankanya hidup, jika semua yang ada bisa sepenuhnya kita kendalikan.

Kadang cuaca di Inggris terasa menyebal.  Saat musim dingin menusuk tulang, di hari menjelang fajar, hujan mengguyur, angin berhembus kencang, dan aku harus mengayuh sepeda ontel bututku melawan arah angin. Lalu, sebuah mobil berlari kencang, dengan jumawah memepetku, menamparkan air bekas hujan di jalanan yang kotor itu, tepat di mukaku. Jian…….*u*!  Diam……*u*!

Semuanya menghadirkan suasana hati yang kaya rasa. Rasa amarah yang berontak beradu dengan rasa sabar yang kembang kempis. Rasa nelangsa yang menjerit bergumul dengan keteguhan hati yang menentramkan. Rasa kesombongan yang tergerus perlahan dengan rasa ketulusan, kerendahan hati, dan kebesaran jiwa. Rasa ingin bermanja-manja tertelan oleh rasa getih berususah payah yang mengebu. Argh, menggembalakan rasa memang tidak pernah mudah.

Hanya semangat hidup dan keikhlasan menjalaninya, yang menjadikan cuaca yang menyebal tak jadi soal.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s