Informasi Beasiswa S1 Jepang 2016 : MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM

Beasiswa S1 Ke Negeri Sakura Keberangkatan 2016, buat adek-adek lulusan/siswa kelas 3 SMA. Deadline Pendaftaran: 4 Maret (Jumat), 2016

istock_000032609814_small

Pemandangan di Jepang (http://www.japanphotoguide.com/)

Buat adek-adek yang sekarang sedang duduk di kelas 3 SMA/sederajat, atau sudah lulus SMA dan belum berumur 20 tahun, ada kesempatan beasiswa untuk kuliah S1 di Jepang nih. Program beasiswa kali ini adalah MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM. Berikut ringkasan mengenai beasiswa ini:

Apa itu beasiswa Mitsui-Busan?

Beasiswa ini adalah beasiswa untuk menempuh pendidikan S1 di Universitas  di Jepang khusus untuk warga negara Indonesia. Program ini adalah misi budaya Jepang, atas kerja sama antara kementerian pendidikan, atau lebih tepatnya Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology Jepang dan Perusahaan Mitsui & Co., Ltd sebagai sponsor. Setelah lulus, penerima beasiswa ini tidak ada ikatan atau kwajiban tertentu apapun.

Apa Saja Persyaratan Beasiswa Mitsui-Busan?

  1. Harus warga negara Indonesia.
  2. Umur tidak boleh lebih dari 20 tahun per 1 April 2016. Selama kuliah, penerima beasiswa bersedia untuk tidak menikah.
  3. Harus sudah lulus SMA atau sedang kelas 3 SMA dan nilai raport selama sekolah untuk mata pelajaran berikut minimal 70 : Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris (untuk Program IPA); Matematika, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris (untuk Program IPS).
  4. Bahasa Jepang : Penerima beasiswa harus bersedia belajar bahasa Jepang sebelum pendidikan dan kuliah dalam bahasa Jepang.
  5. Syarat Kesehatan: Harus sehat jasmani dan rohani dan tidak menderita infeksi penyakit apapun.

Jurusan apa saja yang ditawarkan?

Pilihan studi meliputi hampir semua bidang sains, teknologi, teknik, ilmu sosial, ekonomi, hukum, dll kecuali untuk Jurusan Kedokteran, Farmasi, dan Kedokteran Hewan.

Berapa lama beasiswa ini?

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa selama 5.5 tahun, terdiri dari 1.5 tahun untuk belajar bahasa Jepang dan 4 tahun belajar di Universitas.

Beasiswa ini Meliputi apa saja?

Beasiswa meliputi: Biaya hidup (145 000 Yen Perbulan), Biaya transport PP: Indonesia-Jepang, Tunjangan Kedatangan, Biaya pendaftaran dan SPP Kuliah, biaya akomodasi, makan, transportasi lokal, dll, biaya asuransi.

Kapan Pendaftaran Beasiswa Mitsui-Busan?

Masa Pendaftaran: 1 Februari – 4 Maret 2016.

Bagaimana cara Mendaftar Beasiswa Mitsui-Busan?

Pendaftaran harus dilakukan secara online dan melalui surat (dua-dua nya):

  1. Pendaftaran Online, melalui alamat website: http://www.mbkscholarship-id.com/
  2. Pendaftaran melalui pos surat, semua dokumen berikut harus dikirim melalui surat:
    1. Fotocopy / ‘print out’ formulir pendaftaran online : 1 copy.
    2. Foto 4×3 cm (harus baru, diambil 6 bulan terakhir): 2 copy.
    3. Fotocopy raport dari kelas X – XII semua semester, (pengecualian semester terakhir jika saat ini masih duduk di kelas XII SMA) yang sudah dilegalisir : 1 copy.
    4. Nilai UAN jika sudah memiliki : 1 copy.
    5. Surat rekomendasi (ditulis dalam bahasa inggris) dari kepala sekolah: 1 copy.

Dengan mencantumkan nomor registrasi dari pendaftaran online di Amplop dan semua dokumen dikirim ke:

MITSUI-BUSSAN SCHOLARSHIP PROGRAM FOR INDONESIA

PERSADA : c/o Kampus Universitas Darma Persada (UNSADA)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca), Pondok Kelapa,
Jakarta Timur 13450 , Indonesia
Telephone: (021) 8647373 Facsimile: (021) 86900241
http://www.sadanet.or.id/

Bagaimana Proses Seleksi Beasiswa Mitsui-Busan?

beasiswa_persada

Proses Seleksi Beasiswa Mitsui-Busan

Informasi Lebih lanjut : kunjungi Website : http://www.mbkscholarship-id.com/

Semoga Bermanfaat dan Semoga Sukses !

FAQ:

  1. Apakah lulusan/siswa MA/SMK bisa mendaftar? Sepertinya diutamakan lulusan SMA, tetapi tidak ada salahnya jika sampean lulusan MA/SMK untuk mendaftar, sepanjang memiliki nilai raport untuk mata pelajaran yang dipersyaratkan terpenuhi, yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Bahasa Inggris (untuk Program IPA); Matematika, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris (untuk Program IPS) nilai minimal 70.
  2. Apakah ada biaya pendaftaran/tes? Tidak
  3. Setelah dinyatakan diterima beasiswa ini, akan ditempatkan di Universitas mana?
    1. Placement of the grantees at universities and in their major fields of study in Japan shall be finally approved by the Program after taking the grantees’ wishes and related records into consideration, before the grantees take the entrance examinations of the universities. Sebelum mengikuti ujian masuk ke Universitas, pilihan universitas dan jurusan harus disetujui oleh pemberi beasiswa ini.
    2. Change of major field of study will not be allowed. Tidak diperkenankan pindah jurusan ketika sudah menjadi mahasiswa.
    3. Entrance to and graduation from university in Japan could only be achieved by the efforts and endeavor of the grantee himself/herself, and the Program is not in a position to guarantee such entrance and graduation, although the utmost support and assistance would be given. Perihal ujian masuk ke Univeristas sampai dengan kelulusan dari Universitas, pemberi beaiswa tidak bisa menjamin penerima beasiswa bisa diterima dan lulus, semua atas usaha keras dari penerima beasiswa sendiri, walaupun pastinya pemberi beasiswa akan memberi support semaksimal mungkin.
  4. Apakah SMA Jurusan Bahasa bisa mendaftar? Di pengumuman resmi memang tidak disebutkan Jurusan Bahasa, tetapi saya rasa tidak ada salahnya untuk mendaftar. Selamat mencoba!
  5. Untuk raport Kurikulum 2013 Bagaimana, nilainya kan huruf bukan angka? tidak masalah, dikirimkan saja raport kurikulum 2013 apa adanya, pastinya pihak penyeleksi beasiswa yang akan memberi keputusan akhit. Pakek logika saja, kalau nilainya bagus, misal dapat A semua, pastinya peluang diterima jauh lebih besar.

Useful Link:

  1. Contoh surat rekomendasi dalam bahasa inggris: lihat disini
  2. Persatuan Pelajar Indonesi (PPI) Jepang : lihat disini

UPDATE INFORMASI

  1. Pengumuman lolos seleksi berkas untuk mengikuti tes tahap berikutnya akan diberitahukan pada akhir Maret 2016. Jika anda tidak menerima pemberitahuan untuk mengikuti tes Tahap berikutnya, berarti anda tidak lolos seleksi berkas.
  2. Update 26/03/2015 :  Selamat kepada teman-teman yang sudah lolos tahap seleksi berkas, bagi yang belum beruntung jangan sedikit pun berkecil hati masih banyak beasiswa ke luar negeri yang lain. Apalagi, beasiswa S2 ke luar negeri seperti : LPDP yang kuotanya ribuan setiap tahunya. Tentunya dengan ikhtiar persiapan mulai dari jauh-jauh hari (baca: tips mempersiapkan beasiswa luar negeri) Sukses buat semuanya !

 

429 comments

  1. Wah eman nya gaada yang buat jurusan kedokteran :’))) kalo semisal buat S1 jurusan kedokteran ada scholarship yang senpai tahu nggak kira2 yang bisa dicoba? arigatou senpaii

  2. Mas saya mau tanya, saya lulusan tahun ini dan mau ikut di tahun depan. Surat recommendation dari kepala sekolah bagaimana ya? Apa minta dari sekolah dulu?

      1. kak kalau yang dari luar jakarta untuk ikut tesnya harus pulang pergi 2 kali dong ya kak ke jakarta nya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s