Di Dalam Rumah Kaca

… be strong in sorrow and humble in happiness – AHY

rumah_di_pinggir_pantai_whitby_uk_old

Ilustrasi: rumah-rumah di Pinggir Pantai, Whitby, UK

Di dalam rumah kaca, orang-orang ingin terlihat paling sempurna. Yang rupawan memamerkan kecantikan dan ketampananya. Yang menawan memamerkan kemolekan dan kegagahan tubuhnya. Pun tak ketinggalan yang kaya dengan kekayaanya, yang berprestasi dengan segala capaianya, yang berpendidikan dengan deretan gelar akademiknya. Dan seterusnya dan seterusnya.

Di dalam rumah kaca, orang-orang terlihat semua bahagia. Ada yang tampak bahagia karena pasanganya, anak-anaknya, cucu-cucunya atau keluarga lainya. Ada pula yang bahagia karena tempat-tempat dan momentum yang indah di melingkupi nya.

Di dalam rumah kaca, orang-orang juga terlihat begitu dekat dengan Tuhanya. Sungguh, di dalam rumah kaca, semua orang-orang terlihat begitu istimewa.

Di dalam rumah kaca tidak terlihat proses. Semuanya adalah pementasan yang menyembunyikan hal ihwal di belakang layar. Di dalam rumah kaca adalah dunia kesan. Bukan dunia kenyataan.

Padahal, di luar rumah kaca, ada pejuang yang sedang menahan perih. Ada yang sendirian melawan pedih kesepian. Ada yang merindukan kehadiran tawa ceria anak-anak di sekeliling mereka. Ada yang sedang dirundung malang tak kunjung berkesudahan.

Argh, begitulah di dalam rumah kaca. Padahal, bukankah senang dan sedih itu mampir silih berganti di rumah kita. Padahal, bukankah ketika rahasia bumi dan langit terungkap, semua rasa itu tak ada bedanya. Karena hakikatnya hanyalah ujian semata. Siapa diantara kita yang terbaik amalnya. Hanya saja kita sering terbujuk oleh keinginan untuk berlomba menjadi unggul sendiri. Dan dilupakan berlomba dalam kearifan untuk berbagi.

Kawan ! apapun yang terjadi nanti, dalam setiap rasa yang selalu bermetamorfosa, be strong in sorrow and humble in happiness !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s