Drama Kehidupan Mahasiswa PhD

… in academia we never use the word ‘problem’ call them challenges, issues, never problems – phdcomic/movie

phdcomics_movie

A Random Scene From PhDcomic: the movie

Beberapa hari belakangan ini sering mendengar cerita dari teman Indonesia tentang perjalanan study PhD. Mereka pada akhirnya sudah lulus, sehingga tanpa beban hati menceritakanya kepada saya. Hanya satu kata komentar saya perjalanan panjang selama 4-5 tahun atau bahkan lebih yang penuh drama. Iya drama yang menegangkan. Mereka semuanya mengaku pernah nyaris berputus asa di tengah jalan, merasa sudah setengah gila, dan memiliki hubungan dengan supervisor yang penuh lika-liku. Sekilas terkesan berlebihan, tetapi benar apa adanya. Tidak usah jauh-jauh saya pun pernah merasakanya, walau saya belum lulus, hehe.

Memang ada beberapa mahasiswa yang perjalanan PhD nya kayak kelas artis. Lancar jaya, tanpa hambatan dan pada akhirnya selesai tepat waktu sebelum tiga tahun, dan berakhir dengan anugerah gelar Doktor di depan namanya. Tetapi tidak sedikit yang perjalananya penuh drama, penuh cobaan dan ujian, tidak hanya yang berkaitan dengan hal akademik, tetapi dengan kehidupan pribadinya. Ada yang tidak cocok dengan supervisornya sampai ada yang supervisornya mendadak kabur dari kampus. Ada juga yang harus bekerja sebagai pembersih toilet untuk berthan hidup, karena beasiswanya sudah habis. Seru dan mendebarkan. Seandainya didokumentasikan dalam sebuah film, akan menjadi film drama yang menguras hati para penonton. Yah cerita mahasiswa PhD memang unik, tidak bisa dibanding-bandingkan. Karena soal ujian akhir mahasiswa PhD tidak pernah ada yang sama. Semuanya menjawab pertanyaan yang memang harus berbeda, dan belum pernah ada sebelumnya.

Mengenai drama perjalanan PhD ini, ada serial komik yang mendeskripsikan kehidupan mahasiswa PhD.  Bisa dilihat disini: PhDcomic . Indeed, it really describes what PhD Life is. Nah, serial komik ini juga sudah difilmkan. Bisa dilihat trailernya: disini atau disini. Di kampus saya sendiri, film ini akan ditonton bareng pada tanggal 12 November 2015. Buat teman-teman yang akan melanjutkan PhD, film ini layak untuk ditonton. Buat kita yang sedang atau sudah selesai PhD, menonton film ini akan menjadi seperti melihat kehidupan kita sendiri, dan tentunya seperti menertawakan kehidupan kita sendiri.

Yah, perjalanan sekolah PhD memang unik. Absolutely different, dengan level pendidikan sebelumnya. Saya yakin, perjalanan PhD adalah bab kehidupan yang sangat berkesan bahkan mungkin sangat menentukan untuk bab-bab kehidupan selanjutnya. PhD life memang tidak mudah dan penuh dengan masalah. Tetapi berdasarkan pengalaman pribadi sejauh ini, untuk menghadapi masalah itu kadang kita hanya cukup bersabar dan terus berjalan, karena pada akhirnya, di saat yang tepat permasalahan itu akan terurai dengan sendirinya. Dan semoga, dengan kesabaran itu, akan berbuah manis pada akhirnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s