Yang Harus Kamu Tahu Tentang Jurusan Sistem Informasi ITS

…. andai saja waktu saya kuliah dulu ada Jurusan Sistem Informasi, saya pasti akan menjadi Jurusan Sistem Informasi sebagai pilihan pertama. Karena Jurusan ini, mempelajari apa yang benar-benar dibutuhkan di perusahaan saat ini – Erma Suryani, PhD (Alumni S1 Teknik Elektro ITS, S2 Teknik Industri ITS, S3 Manajemen Industri, NTUST Taiwan)

JSI_ITS_edit

Plasa di Jurusan Sistem Informasi ITS ( http://pasca.its.ac.id)

Buat adek-adek yang akan melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi, memilih Jurusan di Perguruan Tinggi bukanlah hal yang mudah. Di bangku sekolah kalian hanya tahu ada jurusan IPA, IPS, dan Bahasa. Sementara itu di Perguruan Tinggi ada ratusan pilihan jurusan, dan terus akan bermunculan jurusan-jurusan baru seiring perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri. Secara umum, untuk tips memilih Jurusan di Perguruan Tinggi, bisa dibaca di postingan saya sebelumnya disini.

… jurusan Sistem Informasi itu jurusan yang serakah, mata kuliah yang bagus-bagus di Teknik Industri diambili semua, demikian juga mata kuliah di Jurusan Teknik Informatika yang bagus-bagus juga diambili semuanya – Mudjahidin, S.T, M.T (Alumni Teknik Industri, ITS)

Nah salah satu tips memilih jurusan kuliah di Perguruan Tinggi adalah pastikan kalian tahu betul apa Jurusan itu. Jangan hanya dari nama Jurusanya saja, tapi ketahui dengan detail apa saja yang akan dipelajari di Jurusan tersebut. Seringkali, yang dipelajari di satu jurusan tertentu ternyata tidak sesuai dengan yang kalian bayangkan dari nama jurusan tersebut.

nlb8phaw0n

Leonika Sari, Mahasiswa Sistem Informasi ITS (Angk. 2011) , di MIT, US (source: okezone)

Kali ini, saya akan mengajak kalian mengenal salah satu jurusan yang relatif masih baru, yaitu Jurusan Sistem Informasi. Khususnya, Jurusan Sistem Informasi (JSI) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya. Perlu diketahui bahwa JSI ITS ini adalah jurusan sistem informasi pertama di perguruan tinggi negeri di Indonesia, yang berdiri sejak tahun 2001. Atas saran dari Presiden RI saat itu, KH Abdurrahman ‘Gus Dur’ Wahid, pada saat memberikan ceramah saat Dies Natalis ITS, agar ITS mendirikan fakultas teknologi informasi.

Sebagai pioneer Jurusan Sistem Informasi di Indonesia, kurikulum JSI ITS dijadikan rujukan dan kiblat jurusan sistem informasi di perguruan tinggi lain, baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia, yang saat ini sedang ramai membuka jurusan ini. Dan, sejak berdiri, JSI ITS selalu mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional. (Bisa dilihat di; BAN-PT ).

Nah, agar kalian lebih jauh mengenal apa itu Jurusan Sistem Informasi, khususnya JSI ITS, berikut FAQ yang mungkin banyak ditanyakan oleh para calon mahasiswa.

Apa Prospek Kerja dari Jurusan Sistem Informasi?

Pada dasarnya, lulusan sarjana sistem informasi bisa bekerja di perusahaan pada hampir semua sektor. Hal ini karena Teknologi Informasi menjadi bagian tak bisa terpisahkan dari perusahaan modern. Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi lulusan sarjana sistem informasi, karena mereka dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan lintas sektor usaha.

Lebih spesifik, prospek dari Jurusan sistem informasi, khususnya JSI ITS adalah sebagai pengembang sistem informasi, konsultan dan integrator sistem, spesialis basis data, dan menjadi akademisi di bidang sistem informasi.

prospek_JSI

Prospek Jurusan Sistem Informasi ITS

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Sistem Informasi ITS?

Pada dasarnya di JSI ITS,  ada empat kelompok mata kuliah yaitu: Mata Kuliah Umum, meliputi: Agama, Keterampilan Interpersonal, Technopreneurship; Mata Kuliah Pendukung, meliputi: Dasar-dasar komputasi, Dasar-dasar organisasi, manajemen, dan bisnis; Mata kuliah utama wajib, meliputi: Pengembangan Sistem Informasi, Manajemen Data & Informasi, Pemodelan Proses Bisnis & Integrasi Sistem Informasi, Tata-Kelola & Manajemen Sistem Informasi; Dan Mata Kuliah Wajib Pilihan: Sesuai dengan bidang minat Laboratorium.

Lebih Detailnya, mata kuliah per semester di JSI ITS adalah sebagai berikut:

Mata Kuliah di JSI_ITS

Mata Kuliah di Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTIF), ITS, Kurikulum 2014-2019

Sebagaimana terlihat pada tabel di atas, mata kuliah di jurusan sistem informasi adalah gabungan antara sains dan ilmu sosial. Lebih spesifiknya, gabungan antara teknologi informasi, ilmu komputer dan ilmu manajemen industri dan bisnis. Sehingga tidak sepenuhnya salah jika jurusan sistem informasi disebut jurusan gabungan antara Jurusan Teknik Industri dan Teknik Informatika.

Apa perbedaan Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika/Ilmu Komputer?

Secara umum, jurusan sistem informasi dan teknik informatika (atau di beberapa universitas, seperti di UI bernama jurusan Ilmu Komputer) berada dalam satu rumpum, yaitu jurusan komputing. Lulusan kedua jurusan ini sama-sama akan menyandang gelar: Sarjana Komputer (S.Kom). Karena masih serumpun, bisa dibilang hampir 50% mata kuliah nya sama. Keduanya menjadikan Pemrograman sebagai kompetensi dasar yang wajib dikuasai oleh mahasiswa. Yang membedakan adalah fokusnya. Kalau jurusan teknik informatika, lebih fokus ke aspek teknis dari teknologi informasi, sedangkan jurusan sistem informasi juga mempelajari aspek manajerial dari teknologi informasi. Karena teknologi informasi saat ini sudah menjadi bagian tak bisa terpisahkan dari bisnis proses sebuah perusahaan, sehingga menuntut sumber daya manusia yang tidak hanya paham dari segi aspek teknis saja, tetapi juga mampu memahami aspek bisnis dalam perusahaan. Sehingga mampu menerjemahkan kebutuhan bisnis menjadi kebutuhan teknis teknologi informasi.

Secara spesifik, perbedaan kedua jurusan ini bisa dilihat dari mata kuliah yang dipelajari. Sebagai contoh, di Jurusan Teknik Informatika ITS, mata kuliah yang dipelajari adalah sebagai berikut:

Mata Kuliah di JIF_ITS

Mana yang lebih bagus Sistem Informasi apa Teknik Informatika?

Pertanyaan ini seperti pertanyaan pilih Apel apa Jeruk? Sama-sama buahnya, pilihan tergantung pada selera. Buat kalian yang suka aspek teknis dari teknologi informasi, teknik informatika mungkin lebih tepat menjadi pilihan kamu. Tetapi buat kamu yang ingin mempelajari Teknologi Informasi secara lebih well-rounded, tidak saja dari point of view teknologi saja, tapi juga ingin memahami dari aspek bisnis, aspek yang lebih high level dalam sebuah perusahaan, jurusan sistem informasi mungkin lebih tepat dari kalian.

Di perusahaan mana yang lebih dibutuhkan lulusan Sistem Informasi atau Teknik Informatika?

Di dunia nyata di perusahaan tidak ada lagi kotak-kotak bernama jurusan atau fakultas, itu hanya ruang-ruang kamar di Perguruan Tinggi. Di perusahaan kalian akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai latar belakang. Dan kalian akan menyadari betapa sedikit sekali hard skill yang kalian pelajari di bangku kuliah, benar-benar dapat langsung dapat kalian aplikasikan di perusahaan tempat kalian bekerja. Orang-orang dari berbagai latar belakang akan menyelesaikan ‘permasalahan’ bersama perusahaan.

Nah, disinilah menurut saya kelebihan lulusan jurusan sistem informasi, karena tidak hanya mempelajari hal teknis, tapi juga mempelajari aspek bisnis/perusahaan. Logikanya, hal ini akan membuat lulusan JSI memiliki sense bisnis yang lebih tajam. Sehingga lebih pandai ‘membaca’ ‘permasalahan’  yang ada di perusahaan, yang pada akhirnya mampu memberikan solusi, khususnya solusi yang berkaitan dengan IT, yang lebih tepat.

Berdasarkan survey alumni JSI ITS, berikut adalah pengetahuan  yang paling membantu dalam menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja:

MK_JSI_diTempatKerja

Alumni JSI ITS juga merekomendasikan, bahwa keterampilan berikut sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan pekerjaaan mereka di perusahaan tempat mereka bekerja:

keterampilan_jsi_di_tempatkerja

Keterampilan Lulusan Sistem Informasi yang dibutuhkan di Perusahaan

Akan tetapi di Indonesia, perusahaan biasanya masih menyamakan antara lulusan Teknik Informatika/Sistem Informasi/Ilmu Komputer. Sehingga lowongan untuk ketiga jurusan tersebut masih interchangeable. Kedepanya, saya sangat yakin, seiring perusahaan akan sangat tergantung dengan keberadaan IT, spesifikasi keahlian itu akan semakin jelas di kemudian hari.

Prediksi saya, banyak jenis pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi akan muncul di kemudian hari seiring dengan semakin massive dan dalam nya adopsi teknologi informasi ke dalam perusahaan. Sebagai contoh: posisi pekerjaan seperti auditor IT, data saintis, adalah pekerjaan yang sebelumnya belum pernah ada. Dan sudah menjadi rahasia umum, bahwa pekerjaan-pekerjaan baru tersebut adalah ‘the sexiest job’ yang gajinya sangat menggiurkan.

lab_jsi_v2

Ilustrasi : Lab. Riset di Jurusan Sistem Informasi, ITS

Laboratorium apa saja yang ada di Jurusan Sistem Informasi ITS?

Sampai dengan 2014, JSI memiliki fasilitas 4 laboratorium, yaitu: laboratorium pemrograman sistem informasi, laboratorium e-business, laboratorium perencanaan dan pengembangan sistem informasi, dan laboratorium sistem pendukung keputusan dan Inteligensia bisnis.

Mulai tahun 2015, sejalan dengan perkembangan bidang keilmuwan sistem informasi yang sangat cepat, terjadi pengembangan menjadi 8 laboratorium/studio, sebagai berikut:

  1. Laboratorium Akuisisi Data dan Diseminasi Informasi.
  2. Laboratorium Manajemen Sistem Informasi.
  3. Laboratorium Infrastruktur dan Keamanan Teknologi Informasi.
  4. Laboratorium Sistem Enterprise.
  5. Laboratorium Rakayasa Data dan Inteligensia Bisnis.
  6. Studio Aplikasi Terapan.
  7. Studio Pemrograman.
  8. Studio Sistem Operasi dan Jaringan.

Program Studi Apa Saja yang ada di Jurusan Sistem Informasi ITS?

Saat ini jurusan sistem informasi ITS menyelenggarkan dua program studi, yaitu: Program studi S1 Sistem Informasi dan Program Studi S2 Sistem Informasi.

Bagaimana Profil Alumni Jurusan Sistem Informasi ITS

Mungkin kalian bertanya, alumni JSI ITS ketika sudah lulus bekerja di bidang apa saja? Dari survey alumni JSI ITS, yang dilakukan oleh JSI, didapatkan bahwa 86% bekerja di bidang yang berkaitan dengan Teknologi Informasi, 9% bekerja di bidang yang tidak berkaitan dengan Teknologi Informasi, dan 5% melanjutkan studi lanjut (S2/S3).

Sementara itu, jenis karir alumni JSI ITS digambarkan pada diagram di bawah ini:

Karir_Alumni_JSI

Karir Alumni Jurusan Sistem Informasi ITS

Bagaimana, tertarik untuk mengambil kuliah di Jurusan Sistem Informasi? Pastikan kalian memilih Jurusan Sistem Informasi terbaik yang ada di Indonesia. Dan pastikan Jurusan Sistem Informasi ITS, menjadi pilihan pertama kamu ! Semoga sukses untuk meraiah masa depan kalian yang terbaik !

Dimana Alamat Jurusan Sistem Informasi ITS?

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, ITS,  beralamat di: Jl. Raya ITS, Kampus ITS Sukolilo Surabaya Jawa Timur, Indonesia 60111  (Bersebelahan dengan Graha ITS dan Jurusan Teknik Industri ITS)
No. Telp: +62 31 5999944, Fax: +62 31 5964965

Bagaimana dengan dosen di Jurusan Sistem Informasi ITS?

Saat ini Jurusan Sistem Informasi didukung oleh sebanyak 37 dosen, didominasi oleh dosen-dosen muda yang energik, dan mayoritas adalah lulusan kampus-kampus dunia terbaik di luar negeri. Ini tentunya menciptakan atmosfir belajar di kelas dan pola hubungan dosen-mahasiswa yang lebih egaliter dan menarik.

  1. Wiwik Anggraeni, S.Si, M.Kom
  2. Tony Dwi Susanto, S.T., M.T, Ph.D
  3. Sholiq, S.T, M.Kom.
  4. Rully Agus Hendrawan, S.Kom, M.Eng
  5. Riska Asriana Sutrisnowati, S.Kom, M.Sc.
  6. Retno Aulia Vinarti, S.Kom, M.Kom
  7. Renny Pradina K, S.T, M.T.
  8. Raras Tyasnurita, S.Kom, M.BA
  9. Radityo Prasetianto Wibowo, S.Kom, M.Kom
  10. Nur Aini Rachmawati, S.Kom, M.Eng
  11. Nisfu Asrul Sani, S.Kom, M.Sc.
  12. Mudjahidin, S.T, MT.
  13. Mahendrawati ER., S.T, M.Sc., PhD.
  14. Irmasari Hafizh, S.Kom, M.Sc.
  15. Ir. Khakim Ghozali, M.MT
  16. Prof. Ir. Arif Djunaidy, M.Sc., PhD.
  17. Ir. Ahmad Holil Noor Ali, M.Kom
  18. Hatma Suryotrisongko, S.Kom, M.Sc.
  19. Hanim Maria Astuti, S.Kom, M.Sc.
  20. Feby Artwodini, S.Kom, M.T
  21. Febriliyan Samopa, S.Kom, M.Kom, PhD
  22. Faizal Johan Atletiko, S.Kom, M.T
  23. Faisal Mahananto, S.Kom, M.Eng, Ph.D
  24. Erma Suryani, S.T, M.T, Ph.D
  25. Eko Wahyu Tyas D, S.Kom, M.BA
  26. Edwin Riksamora, S.Kom, M.Kom
  27. Dr. Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom
  28. Dr. Apol Pribadi, S.T, M.T
  29. Danu Pranantha, S.T, M.Sc., Ph.D
  30. Bekti Cahyo Hidayanto, S.Si, M.Kom
  31. Bambang Setiawan, S.Kom, M.Kom
  32. Arif Wibisono, S.Kom, M.Sc.
  33. Annisa Herdiyanti, S.Kom, M.Sc.
  34. Andre Parvian Aristio, S.Kom, M.Sc.
  35. Amna Shifia Nisafani, S.Kom, M.Sc.
  36. Amalia Utamima, S.Kom, M.BA.
  37. Ahmad Mukhlason,S.Kom, M.Sc.

Apakah lulusan SMA yang mau mendaftar Jurusan Sistem Informasi harus sudah jago IT?

Tidak benar. Di Jurusan Sistem Informasi, sama dengan di Jurusan lain di Perguruan Tinggi, kalian akan belajar dari Nol besar. Di Semester 1 misalnya kalian akan belajar kembali Matematika yang merupakan fondasi untuk mata kuliah berikutnya. Kalian juga akan belajar mata kuliah – mata kuliah pengantar di semester 1. Jadi salah besar kalau ada yang beranggapan untuk kuliah jurusan IT kalian harus sudah mahir bermain komputer.

Jangan sampai salah pilih jurusan yo! Pastikan Jurusan Sistem Informasi ITS, jadi pilihan pertama kamu !

 

Sumber Informasi:

  • Panduan Kurikulum Jurusan Sistem Informasi ITS, 2014-2019

Related Post:

73 comments

  1. Alhamdulillah, info penting bagi anak saya yg saat ini akan memilih jurusan sistem informasi.
    Smoga dimudahkan dlm pilihannya. Trmksh mas infonya.

      1. Mas mau nanya. Program yang bagus di jurusan SI itu apa ya yg masadepannya cerah untuk dikembangkan

  2. assalamualaikum wr.wb
    mas saya mau nanya,apakah di jurusan sistem informasi itu banyak belajar tentang pemograman kaya yang dipelajari anak Teknik informatika/Ilmu komputer ??? kalau belajar tentang pemograman kira kira pemograman apa saja yang dipelajari ??? apakah belajar coding juga ??? soalnya saya tahun depan berencana masuk Sistem informasi tapi saya kurang minat sama pemograman soalnya saya agak trauma belajar pemograman pas SMK . terimakasih wassalamualaikum wr.wb

  3. Mas! Numpang tanya,
    Saya dari Sistem Informasi ITS 2016, NRP 5216100047. Apakah bahasa pemrograman yang dipelajari di SI-ITS cuman Java saja, atau ada yang lain seperti C++, Python, JavaScript, dsb? Terimakasih

    1. Termasuk yg berbasis android, web (e.g. jsp), Javscript pasti ada di MK Pemrog. berbasis web. Phyton di Mata kuliah Pilihan. Ndak usah khawatir dengan berbagai macam teknologi BP baru. Kalau mahir dan paham betul konsep BP Java, u belajar BP yg lain is jut a piece of cake alias mudah sekali.

  4. mas mau nanya, kalau untuk web design dan web programing kedepanya bagus atau ngga ?
    misalnya kalau ngga, trus mata kulia apa yang bagus untuk didalami ?
    trima kasih !!

  5. Terimakasih u.penjelasanx mas, sy jd ngerti sdikit ttg SI yg akan dipilih anak sy,tp anak sy akan kuliahx di PT swasta yg kebetulan u.SI akreditasix msh B, apakah kl akredts nya tdk A berpengaruh u.melamar pekerjaan?
    Tk

  6. Mas saya mau tanya, saya kan sudah ambil jurusan sistem informasi tapi saya masih bingung bagaimana nanti untuk kedepannya apakah sistem infomasi itu bagus dibanding sama sistem informatika? Saya masih bingung sekali

  7. Mas saya kan dari sekolah yang nggak terkenal banget, apakah saya bisa masuk di its, apakah its itu menerima mahasiswa berdasarkan sekolahnya atau hasil tesnya

  8. Sya dr jurusan IPS dan minim pengetahuan berbasis komputer dr skolah. apa di jurusan sistem informasi mempelajari ulang ilmu dasar komputer & pemrograman?

  9. permisi saya salah satu mahasiswa dari kampus ternama di Manado, saya mau curhat tentang matakuliah di kampus saya, singkat saya sekarang sudah semester tiga, tpi salah satu mk di semester tiga nya kok belajar pendidikan internet, klo di pkir kan itu kaya’ mata pelajaran di SMA saya dulu, di tambah lagi ada beberapa dosen yang cara ngajarnya banyak mahasiswa ga suka karna kecepatan tapi ga ada mahasiswa yang mau complain krna takut di keluarin sama pimpinan,(swasta)

  10. Alhamdulillah saya memilih jurusan SI dan saya insyaallah cocok mas. Aamiin.
    Sampean alumni TELKOM DU ya mas? asrama mana? btw, Saya alumni SMA DU 2 mas… asrama ponti.

  11. Assalamualaikum, mas ingin bertanya apakah dari program IPS bisa mahir mengambil jurusan sistem informasi dan temen saya bilang sistem informasi banyak hitung”an apakah benar, tidak membebani untuk kapasitas yang berasal dari IPS?
    Trimakasih

    1. waalaikumsalam wr wbt. Jurusan IPS bisa masuk sistem informasi, asal pas ujian ikut kelompok IPA atau Campuran. SI itu gabungan matematika + manajemen + teknologi informasi. Ndak harus jago matematika, asal ndak bodo2 amat is ok, nanti bisa ambil bidang studi yang lebih banyak manajemen nya saja, e.g. manajemen proyek IT, Audit IT, dll.

      1. Mas klu dari S1 M.SDM ke S2 SI, perkiraan bakal keteter tidak ya? Atau di lihat dari kampus swasta atau negeri? Atau ada ilmu lain?

  12. Assalamualaikum wr wb.
    Mas saya mau tanya, saya sekarang kuliah di universitas swasta dengan jurusan d3 manajemen informatika / sistem informasi. Kira kira kalau saya mau mengambil s1 di ITS bisa tidak ya?

  13. Mas saya mau tanya, sy pgn masuk SI ITS, tp saya masih buta bahasa pemrogaman, kira kira bakal bisa ngejar ndak ya kalau misal diterima?

  14. Mas saya suka sama web design,pemrogaman dan sbgainya… Saya masih bngung mau masuk TI atau SI? Mnrut mas cocok mana yg masih stu jlur dg yg q minati…

  15. Misi mas saya mau nnya, kira2 kalo mau masuk SI itu SBMPTN nya mata pelajaran yang diujikan apa aja ya? soalnya saya dari SMK, takutnya nnti ada fisika, kimia, dan biologi dan saya tidak belajar itu sama sekali. Mohon jawabannya thanks

    1. ujian untuk semua jurusan di PT dikelompokkan jadi kelompok Sosial dan IPA. SI masuk kelompok IPA, materi ujianya IPA SMA, termasuk fisika, komia, biologi. Kalau lulusan SMK harus belajar ekstra, e.g. ikut bimbel, agar bisa ngejar materi IPA SMA. Good luck ya!

  16. Artikel di atas cocok untuk di jalani
    Bingung mau ngambil SI tapi saya lulusan tehknik industri. Bisa ngeblank otak saya..

  17. Mau tanya2 matkul jurusan SI itu sulit ga sih ? Kalo kitaa bener2 mulai dari nol ga tau apa2 gitu kebetulan saya masih kelas 11 masih bingung nyari2 jurusan yg tepat

    1. Tidak sulit, apalagi jika dibanding jurusan teknik lain. Jurusan Sistem Informasi backgorund ilmunya gabungan IPA dan IPS, dimana sampean akan belajar ilmu manajemen, teknologi informasi, dan mathematical sciences.

  18. assalamualaikum wr.wb mas saya mau nanya, saya kan dari jurusan IPS SMA, kalau mau masuk ke jurusan sistem informasi lewat SBMPTN harus masuk ke golongan IPA dan campuran, jadi kalau mau ke jurusan sistem informasi bagi IPS, harus belajar lagi kah ke pelajaran IPA atau hanya yang di ujiankan hanya pada jurusan IPS ? terima kasih, btw postnya sangat membantu saya dari jurusan IPS #CalonMahasiswaITS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s