Qoilulah: Tradisi Tidur Siang di Pesantren yang Menyehatkan

Researchers say taking forty winks in the middle of the day could reduce blood pressure and stave off heart attacks. – bbc.co.uk (30/08/2015)

tidur_siang

Ilustrasi: Tertidur di Dalam Bus

Dulu, waktu masih jadi santri di pondok pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, ada kebiasaan khas pesantren yang mungkin tidak ada di institusi pendidikan lain, dimana pun. Tradisi itu dikenal dikalangan santri dengan sebutan, waktu qoilulah. Yaitu, waktu antara setengah sampai satu jam menjelang masuk waktu sholat duhur.

Pagi hari, mulai jam 7 para santri sekolah formal di unit pendidikanya masing-masing. SMP,SMA, SMK, atau Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, layaknya sekolah di luar pesantren. Nah, jam 11 siang kegiatan belajar ini usai. Nah waktu, satu jam menjelang masuk waktu duhur inilah, disebut waktu qoilulah.Dimana hampir semua santri tidur siang. Tidur bak pindang berderet-deret tanpa kasur beralaskan lantai telanjang di asrama santri.

Saya kadang hanya sempat tertidur, seperempat hingga setengah jam saja.Bahkan belum sempat memejamkan mata, hanya ketap ketip saja. Karena begitu bedug berbunyi, adzan berkumandang, semua santri harus bangun, wudlu berjamaah di blombang (kolam),dan sholat jamaah duhur di masjid.

Setelah jamaah duhur, dan membaca alquran, aktivitas dimulai kembali. Sekolah khusus pelajaran agama di Madrasah Diniyah hingga masuk waktu ashar. Taqrar, atau mengulang kembali pelajaran di madrasah diniyah,dari habis ashar hingga Maghrib. Kemudian habis maghrib mengaji kitab tafsir jalalain. Habis Isyak sorogan kitab kuning, dan dilanjut dengan pengajian bandongan kitab kuning hingga tengah malam, yang ditutup dengan sholat malam berjamaah.

Nah, selain untuk memulihkan tenaga, tidur siang hari ini,memang merupakan sunah rosululloh SAW. Kebiasaan kanjeng nabi, yang juga kebiasaan para kyai. Yah kita melakukan itu ya semata-mata mengharap pahala karena mengikuti sunah rosul. Tanpa banyak bertanya mengapa dan mengapa.

Sampai hari ini, saya baca artikel di bbc.co.uk, yang mengungkap hasil penelitian ilmiah terbaru akhir pekan ini dari para ahli kardiologi, bahwa ternyata tidur sebentar di siang hari sangat baik untuk kesehatan. Disebutkan bahwa qoilulah, alias day time snooze, atau tidur sebentar siang hari ini dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung (lihat sumbernya: disini). Subhanallah, cerdas sekali nabi kita ini.

Ini bukan kali pertama, fakta yang tertulis di Alquran dan Hadis pada abad 7 itu, baru dibuktikan secara ilmiah oleh para ilmuwan baru belakangan ini. Banyak penemuan-penemuan yang mengejutkan dan fenomenal di mata ilmuwan sekuler, menjadi biasa-biasa saja bagi umat Islam, karena banyak fakta ilmiah itu sudah tertulis di Quran dan Hadis. Hanya saja, kenapa tidak kita umat islam sendiri yang membuktikan pesan-pesan langit itu dengan bukti empirik ilmiah. Padahal, fakta-fakta ilmiah itu paling dekat dengan kita.

Jadi kesimpulanya, yuk mari kita biasakan tidur siang sebentar di tempat kerja masing-masing. Hehehehe…… Tidur sebentar, untuk manfaat kesehatan besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s