Tips Mahasiswa Semester Tua : Software Pemacu Efektivitas Kerja

… memang kita tidak benar-benar bisa merencanakan hidup kita, karena ada Yang Maha Merencanakan. Tetapi, setidaknya kita jadi tahu apa yang akan kita lakukan dalam setiap penggalan-penggalan waktu kita yang sangat terbatas. Kita boleh punya waktu sehari yang sama, tetapi ‘kemanfaatanya’ bisa jadi sangat jauh berbeda – A Random Thought.

weekplan

Week Plan

Mengejar mimpi. Sering kali tak semudah memilikinya. Jalan panjang, terjal, naik turun, dan berliku menuju titik impian kita membutuhkan energi semangat besar dan terus-menerus untuk menyusurinya. Beruntunglah, jika kita selalu memiliki semangat besar itu, sehingga kita bisa terus berlari kencang mencapai titik tujuan. Tetapi, terkadang semangat itu bisa menghilang, ‘nggelembosi‘ seperti ban sepeda yang bocor tertusuk paku di jalanan. Sehingga kadang kita hanya bisa berjalan, merangkak, bahkan terhenti mengejar mimpi.

Saya sendiri sering mengalaminya. Karena ban bocor itu tidak hanya karena ban kita yang sudah tipis, tetapi juga karena paku-paku tajam di sepanjang perjalanan. Segera perlu ditambal dan dipompa kembali, itu kuncinya.

Bersyukurlah, jika ada orang lain yang yang siap menambal dan memompa ban sepeda kita. Dukungan keluarga dan teman. Dosen pembimbing yang selalu menyemangati dan mendorong kita. Berbahagialah, jika kita memilikinya. Tetapi, tak perlu berkecil hati jika kita tak memilikinya. Karena pada akhirnya hidup kita adalah hidup kita sendiri, orang lain tak selamanya ada di sekitar kita. Kita pun bisa belajar bagaimana menambal dan memompa ban bocor kita kembali.

Salah satu cara saya menambal dan memompa ban bocor itu adalah dengan flash back melihat kembali awal perjalanan kita. Melihat foto-foto di Instagram setahun, dua tahun, tiga tahun yang lalu, bisa mengingatkan saya akan mimpi manis yang ingin terwujudkan itu. Menyadarkan saya, bahwa sudah panjang dan banyak energi yang telah dipertaruhkan. Mengingatkan saya, betapa teramat sayang, jika itu semua hanya tersia-siakan.

Bersyukur, karena jalan itu belum buntu. Banyak teman perjalanan yang harus terhenti langkahnya, karena telah menemui jalan buntu. Mau tidak mau, suka tidak suka, harus kembali ke titik nol besar kembali. Bersyukur, karena kesempatan itu masih ada dengan tidak menyia-nyiakanya.

***

Kawan, melengkapi tips saya sebelumnya: Tips Menulis untuk Mahasiswa Semester Tuek. Berikut adalah tips saya, agar kita tetap semangat meraih mimpi kita, dengan dorongan dari kita sendiri. Menambal dan memompa ban bocor kita sendiri, tanpa bantuan orang lain. Tips saya adalah dengan menggunakan software untuk membantu memacu kerja kita menjadi lebih aktif. Mendorong kita untuk tetap berjalan, bahkan berlari mengejar titik impian kita.

Berikut adalah software, yang saya rekomendasikan itu.

Week Plan

Aplikasi online ini membantu kita membuat perencanaan mingguan, yang bisa di breakdown menjadi rencana harian. Pengalaman saya, aplikasi ini cukup efektif memacu produktivitas saya. Meski rencana-rencana itu saya buat sendiri, ada kepuasan batin sendiri, jika saya mampu mencapai target harian dan mingguan saya. Sebaliknya, ada kekecewaan jika saya gagal mencapainya, dan mendorong untuk memperbaikinya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Analitik. Yang bisa memberi Insight performa kinerja kita. Ingin mencoba? Monggo, langsung ke TKP disini.

stayfocusd

Aplikasi ini membantu kita mengurangi kebiasaan buruk: menunda pekerjaan, atau yang populer dikenal dengan procrastination. Apalagi buat kita yang bekerja dengan komputer yang terkoneksi dengan internet. Tanpa kita sadar, sebagian besar waktu kita terbuang sia-sia, hanya untuk membuka email, social media, browsing, nonton video, situs berita, yang tidak ada hubunganya dengan pekerjaan utama kita. Parahnya, ini bisa menjadi kebiasaan, yang susah untuk dihindarkan. Nah, aplikasi ini membantu kita untuk memblokir atau membatasi waktu akses alamat-alamat website pengganggu itu. Kita bisa membatasi berapa menit sehari membuka facebook, ngecek email misalnya. Aplikasi ini, harus di install sebagai add in di browser kesayangan sampean. Untuk pengguna chrome misalnya, bisa di download disini. Untuk browser yang lain bisa ditanyakan sendiri ke mbah Google.

Pomodoro Timer

Penyakit parah lain selain kebiasaan menunda pekerjaan adalah tidak fokus. Menurut penelitian, sebenarnya manusia itu pada dasarnya tidak bisa multi-tasking. Sering kali kita mengerjakan pekerjaan A, sambil mengerjakan pekerjaan B, C, D, dan E. Misal menulis sambil mendengarkan musik, sambil menyicil bikin laporan, sambil membaca berita gosip. Maksud hati, biar efektif sekali mendayuh dayung dua tiga pulau terlampau. Eh, malah tak satu pun pekerjaan yang terselesaikan dengan baik.

Karena itu aplikasi Pomodoro timer ini membantu kita untuk fokus, 100 persen konsentrasi pada satu pekerjaan saja. Memang otak kita tidak bisa fokus 100% sepanjang hari. Karenanya, Promodoro Timer ini, membantu kita membagi waktu, kapan harus fokus 100%, kapan untuk istirahat. Misalnya, dari 1 jam, 50 menit kita alokasikan untuk fokus pada satu pekerjaan, yang 10 menit untuk mendengar musik, buka email, baca berita, dan sejenisnya. Ini lebih efektif jika dibandingkan menggunakan waktu satu jam untuk mengerjakan pekerjaan utama disambi pekerjaan-pekerjaan mindless yang  lain.

Ada banyak software Podomoro Timer gratis, salah satu yang saya gunakan adalah Tomato Timer. Aplikasi ini bisa didownload disini.

Demikian tips dari pengalaman saya, semoga bermanfaat! Semoga bisa membantu sampean menjadi orang yang lebih efektif. Terus berjalan, bahkan berlari mengerjar mimpi-mimpi sampean! Mampu menambal dan memompa sendiri, ketika ban sepeda sampean bocor di tengah perjalanan.

Advertisements

2 comments

  1. Cak Shon, thanks a lot for this post! I am now in a 14 days trial of WeekPlan Pro. So excited with all the interesting tools. I am particularly happy because it can connect to my Google Calendar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s