Tips Sukses Menjalani PhD Life Ala Mbak Maryati, PhD

…. support keluarga dan doa orang tua adalah hal terpenting selama perjalanan PhD saya. – Mbak Maryati, PhD

tips_phd_7

Ilustrasi : Diskusi (Jubilee Campus, Nottingam, 2013)

Setiap orang memiliki definisi sendiri tentang arti kesuksesan. Begitu juga setiap orang memiliki cara sendiri untuk mencapai kesuksesanya sendiri. Banyak jalan menuju Roma, begitu juga banyak cara untuk mencapai sukses. Cara orang lain belum tentu cocok untuk kita ‘copy paste’ menjadi cara kita. Karena pada dasarnya setiap dari kita memang diciptakan istimewa. Tetapi tak pernah salah jika kita mau belajar dari pengalaman orang lain. Jika semut punya kearifan untuk mengikuti jejak jalan yang paling optimal menuju sumber makanan. Kita pun, sebagai manusia, bisa menjejaki jejak kesuksesan orang lain. Meskipun tidak seharusnya, seutuhnya sama. Yang jelas, jangan pernah terperosok ke jurang yang sama dengan orang lain.

Hampir semua orang setuju, kuliah ditingkat PhD itu tidaklah mudah. PhD is different education level. Ini sekolah, bukan sekedar duduk di bangku kuliah, mendengarkan dosen bicara, ikut ujian, kemudian lulus. Bahkan, di Eropa PhD itu tidak perlu duduk di bangku kuliah sama sekali. Banyak yang berhasil, tetapi juga tidak sedikit yang gagal di tengah jalan.

Nah, beberapa hari yang lalu, saya berhasil mewawancarai seorang Mahasiswa Indonesia yang baru saja menyelesaikan studi PhD nya dari School of Pharmacy, The University of Nottingham dengan beasiswa dari Islamic Development Bank (IDB). Namanya, Mbak Maryati. Beliau adalah dosen di Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo. Setelah menempuh studi penuh dengan perjuangan berat selama lebih dari 4 tahun, alhamdulilah, akhirnya beliau bisa menyelesaikan dengan sangat baik. Memang tidak pernah ada perjuangan yang sia-sia.

wisuda_2

Celebrating Success. Mbak Maryati, PhD

Apa saja kita sukses PhD ala mbak Maryati, PhD. Berikut wawancara saya dengan beliau:

Semoga bermanfaat ! Semoga kita bisa memetik pelajaran dari pengalaman mbak Maryati dan menjejaki jejak kesuksesan beliau. Semoga kita yang sedang berjuang menyelesaikan PhD diberikan selalu semangat, kepercayaan diri, dan kesuksesan. Insya Allah kesuksesan itu sudah sangat dekat. Selamat berjuang teman ! Matur nuwun Mbak Mar sudah berbagi pengalamanya ! Semoga semakin sukses kedepanya.

Advertisements

5 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s