Perulangan yang Tak Pernah Sama

waktu

Ilustrasi : Sebuah Momentum

Hari ini, aku duduk di tempat yang sama, ketika jarum di jam dinding membentuk sudut yang sama. Melakukan hal yang sama, diantara orang-orang yang sama. Hanya berharap suasana hati yang itu terulang kembali. Suasana hati pada penggalan waktu yang telah berlalu. Tetapi, tak pernah bisa.

Pada akhirnya, aku sadar, bahwa suasana hati itu tidak mungkin bisa terulang kembali. Ibarat kematian, yang seberapa keras pun kita menangis, tak mungkin menghidupkan kembali. Kita mungkin bisa melakukan hal yang sama, bertemu orang yang sama, di tempat dan penggalan waktu yang sama, tetapi sungguh pun demikian kita tidak pernah bisa membawa suasana hati yang sama itu kembali.

Pada akhirnya, aku mengerti, bahwa hidup adalah tentang hari ini, disini, bersama mu.  Hidup bukanlah tentang mengenang tumpukan kenangan di masa lalu. Hidup juga bukan tentang meratapi sekeranjang kekhawatiran di masa yang akan datang.

Pada akhirnya, aku paham, bahwa hidup adalah sebuah festival yang berhak untuk kita rayakan. Dengan penuh syukur dan semangat menjalani setiap skenario permainan kehidupan. Menuju keridlaan kepada Sang Maha Pemberi Kehidupan. Sekarang, disini, bersama mu.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s