Dibalik Topeng Kehidupan Kita

dibalik_topeng_kita_edit

Ilustrasi: Tari Topeng, Nottingham 2014

Kawan, di jaman wis akhir seperti saat sekarang ini semakin sulit membedakan antara orang yang baik dan pura-pura baik. Di jaman ketika angka dan rupa dipuja, tidak mudah bagi kita untuk bisa menghargai apa dibalik yang tampak dan yang ada label harganya itu. Kita pun, sering terjebak dalam budaya kepura-puraan, memakai topeng kehidupan untuk menyembunyikan wajah asli kita. Bahkan kita pun berani membohongi nurani diri sendiri, asalkan mendapatkan rupa dan harga yang lebih di hadapan wajah-wajah manusia di sekitar kita.

Karenanya, janganlah melihat kepribadian seseorang ketika berada di tengah-tengah pesta. Banyak topeng-topeng kehidupan disana. Jika kita ingin melihat kepribadian asli seseorang, lihatlah dia ketika dirundung masalah yang pelik, duka yang dalam dan keadaan yang tidak menyenangkan. Lihatlah pribadi ‘telanjang’ sahabat mu, saat kau bersama-sama kelelahan mendaki gunung, dengan medan yang berat, bekal terbatas, dan perjalanan masih panjang.

Hidup memang sering kali hanya sawang sinawang. Tetapi tak bijak rasanya, jika hidup kita didekte oleh apa yang dilihat orang pada diri kita. Bukankah, hidup kita ini kita sendiri yang merasakan dengan hati kita. Tak perlu risau, jika orang lain terlihat lebih dari kita. Percayalah hidup mereka pun tak seindah yang mereka pamerkan di facebook, instagram, twitter. Percayalah, kisah hidup mereka tak seindah seperti yang mereka ceritakan di novel, blog, atau cerita perjalanan yang mereka tulis. Seringkali hidup ini tak seindah yang diceritakan, indah diceritakan tapi berat dilakoni.

Kawan, sampai kapan kita akan terus bersembunyi di balik topeng kehidupan kita? Kapan, kita akan berani membuka topeng-topeng kehidupan kita? Kapan kita berani benar-benar ‘telanjang’, Kembali menjadi diri kita yang sebenarnya, apa adanya. Karena Tuhan hanya akan melihat apa yang ada pada hati-hati kita.

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s