Semoga Barokah Umur Mu, Anak Lanang Ku !

….. Ayah ! I am a good boy, not a naughty boy ! –Ilyas

ilyas_birth_day

Ilyas is blowing his 4th birth day wishes

Anak lanang ku, belakangan ini kamu selalu protes keras:

Ayah ! I am a good boy, not a naughty boy !

setiap kali ayah dan bunda mengatai mu ‘a noughty boy’ jika kamu ngambek tidak mau mandi atau tidak mau sarapan pagi. Dan kamu tidak akan menurut sebelum ayah dan bundamu meng-endorse-mu, yes, Ilyas, you are a good boy !. Seperti yang kau inginkan. Semoga kamu seantiasa menjadi anak yang baik, anak yang soleh, dan good boy.

Anak lanang ku, hari ini adalah hari ulang tahun ke-empat mu. Ayah tidak pernah lupa hari ulang tahun mu. Hari dimana 4 tahun yang lalu, kamu lahir procot dari rahim bunda mu, saat ayah masih di dalam perjalanan kereta api Jakarta-Solo. Rupanya, kamu tidak sabar menunggu kedatangan ayah, yang sedang belajar bahasa Inggris di komplek kampus Salemba, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia untuk persiapan berangkat ke Inggris. Mungkin karena waktu kamu lahir ayah masih di dalam kereta itulah, kamu begitu sangat gandrung dengan mainan kereta api. Kamu tidak pernah melewatkan sehari pun tanpa melihat video kereta api, dan kamu tidak bisa tidur tanpa mengeloni mainan kereta api mu.

Maaf kan ayah ya nak! Di bulan-bulan terakhir menjelang kelahiran mu, ayah justru meninggalkan mu dan bunda mu. Suatu hari nanti kamu akan tahu, arti sebuah pengorbanan dan kesabaran itu. Percayalah, setiap hari ayah memasuki kampus Salemba, dan melihat bangunan tua megah berasitektur kuno bertuliskan Fakultas Kedokteran itu ayah diam-diam membisikan do’a, semoga suatu saat nanti kamu bisa belajar di kampus ini dan namamu terpahat sebagai salah satu dokter lulusan terbaik di dinding tembok kampus ini. Allahumma ammiin

Di hari ulang tahun mu yang ke-empat ini, Ayah membelikan mu, kue kecil harga roll back, seharga 1.5 poundsterling dari supermarket terdekat. Sebuah lilin, beberapa balon warna warni yang salah pilih bertuliskan angka 21, dan beberapa kaca mata kertas. Maaf, bukan ayah tak mampu atau pelit untuk membelikan mu kue ulang tahun yang lebih besar. Tetapi ayah ingin mengajari mu arti kesederhanaan dan kebersahajaan hidup. Mengapa? Karena memilih hidup sederhana itu tidak sederhana, sayang ! Yang terpenting, tak sedikitpun mengurangi kebahagian dan kesyukuran kita pada Gusti Allah ta’ala.

Awek (baca:kakek dan nenek) kamu saja tidak pernah mengingat hari kelahiran ayah. Sebagai orang Jawa, Awek hanya ingat neton (nama hari kalender dan nama hari pasaran, misal: Jumat Kliwon) ayah. Dari lahir, ayah tidak pernah mengenal kue ulang tahun dan tradisi meniup lilin. Jangankan dirayakan, di hari neton ayah, Awek malah sering berpuasa dan menyuruh ayah berpuasa juga.

Anak lanangku, ulang tahun mu kali ini adalah kali kedua di negerinya Ratu Elisabeth ini. Terima kasih kamu dan bunda mu. telah menemani Ayah belajar di kota Nottingham ini. Kehadiran mu dan bunda mu disini sungguh sangat berarti. Kamu juga sudah hampir setahun sekolah di Nursery School. Ayah bangga sekali, kamu selalu terlihat aktif, ceria, bersemangat,cerdas, dan bahasa Inggris mu dengan aksen British yang sangat kental itu membuat ayah menjadi iri. Semoga kamu terus tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang hebat dan mulia. Semoga dalam hidup mu nanti, kamu tidak pernah merasa cukup dengan kehidupan sendiri, tanpa memikirkan kehidupan orang lain. Ulurkan tangan pada mereka yang membutuhkan bantuan, suarakan mereka yang tidak mampu bersuara, berdayakan mereka yang tidak berdaya.

Pilihlan menjadi sederhana dan bersaja selalu. Ingat dan waspadalah selalu. Bahwa hidup di dunia ini bukanlah tujuan. Ini hanyalah lintasan perjalan sebentar saja. Ladang kita untuk menabur benih kebaikan dan kebajikan, yang akan kita panen di kehidupan abadi di akhirat nanti.

Anak lanang ku, semoga di ulang tahun mu yang kelima nanti kita sudah kembali dengan kemenangan di tanah air. Doakan belajar ayah selesai secepatnya. Tetapi berjanjilah, suatu saat nanti kamu akan mengajak ayah melihat kota kenangan perjuangan kita bersama ini kembali. Tuntutlah ilmu sejauh mungkin dimana engkau akan mencari.

Selamat Ulang Tahun anak lanang ku, Semoga Barokah Umur mu! Allahumma Ammmiin.

Advertisements

3 comments

  1. Selamat Ulang Tahun dik Ilyas. Khusus aku, nyeluke ojo om ya dik, uncle saja. Yup Uncle ndop! hahhahaha…

    Anakmu ketok cerdas kang. Senajan wajahe rodok mbetik sih. hahahhaa.. But I believe in your son, he is a good boy with a naughty face, Bhahahhahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s