Informasi Beasiswa StuNed 2015

“Kawan, Ingin menikmati suasana belajar nyaman di Negeri Kincir Angin dengan Beasiswa dari Kerajaan Belanda? Beasiswa StuNed adalah salah satu solusinya. Buruan Daftar ! Untuk Pendaftaran tahun 2015, Deadline Aplikasi diperpanjang sampai tanggal 1 April 2015. Untuk yang Belum tahu apa itu beasiswa StuNed dan Bagaimana cara mendaftarnya, berikut informasinya ! “

leiden_10

Ilustrasi: Suasana Kota Leiden, Belanda

Apa itu Beasiswa StuNed?

StuNed, Studeren in Nederland, atau studi di Belanda, adalah program beasiswa yang bertujuan membantu pembangunan Indonesia melaluipeningkatan sumber daya manusia pada institusi-institusi di Indonesia. Setiap tahun antara 200 sampai 250 beasiswa penuh ditawarkan kepada mereka yang bergiat dalam pembangunan Indonesia.

Penerima beasiswa dapat mengikuti program studi internasional dalam bahasa Inggris seperti master course, short course, atau tailor made training.

Program StuNed merupakan bagian dari kerja sama bilateral pemerintah Belanda dengan Indonesia yang tercantum dalam Multi Annual Policy Framework (2014-2017). yang meliputi  bidang-bidang yang diprioritaskan yaitu:

  • Keamanan dan Penegakan Hukum (Security and Rule of Law)
  • Air (Water)
  • Agro Pangan dan Hortikultura (Agri-food and Horticulture)
  • Transportasi & Logistik dan Infrustruktur (Transport & Logistics and Infrastructure)
  • Manajemen Kesehatan (Health Management)
  • Perdagangan Internasional, Ekonomi dan Keuangan (International Trade, Finance, and Economics)

StuNed menitikberatkan pada pengembangan dan meningkatkan-kapasitas institusi dalam rangka mendukung bidang-bidang tersebut.

Beasiswa StuNed Meliputi Program Beasiswa Apa Saja?

  1. PROGRAM MASTER (individual application).
    Program Master diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi internasional di Belanda untuk jangka waktu pendidikan 12-24 bulan dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie)
  2. PROGRAM SHORT COURSE (individual application). Program Short Course meliputi kursus-kursus spesialis bertaraf internasional dengan waktu penyelenggaraan 2 – 12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma. Program ini diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya.
  3. PROGRAM TAILOR MADE TRAINING (group application). Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang berkeinginan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusianya. Program Tailor Made Training biasanya berlangsung selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi pendidikan tinggi internasional atau pusat pengetahuan keahlian lainnya. Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

 Siapa yang Diprioritas Sebagai Penerima Beasiswa StuNEd

Kandidat StuNed idealnya memiliki komitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia dan kapasitas institusi tempat mereka bekerja, memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Belanda dan juga meningkatkan efektifitas dari program-program kerja yang sedang berjalan.

Prioritas akan diberikan kepada pelamar yang:

  1. Program studi dan/atau area pekerjaannya berkaitan dengan bidang prioritas kerjasama bilateral Indonesia dan Belanda.
  2. Berpotensi menjadi pemimpin di masa mendatang yaitu mereka yang memiliki prestasi akademis dan non akademis/kepemimpinan yang sangat baik, yang dibuktikan dengan berbagai pencapaian di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Memiliki motivasi kuat untuk mengikuti program studi yang dipilih, yang diartikulasikan di bagian motivation statement di formulir pendaftaran.

 Apa Persyaratan Umum Beasiswa StuNed?

  • Warga negara Indonesia
  • Telah memperoleh unconditional admission letter dari salah satu institusi pendidikan tinggi di Belanda
  • Pendidikan  minimal S1, minimal IPK untuk master 3,00 dan short-course 2,75
  • Memiliki nilai IELTS 6 atau TOEFL IBT minimal 80 untuk master course dan nilai IELTS 5,5 atau TOEFL IBT minimum 68 untuk short course. Khusus untuk tailor made training masih dapat menggunakan nilai ITP TOEFL minimal 525
  • Pengalaman kerja sebagai karyawan tetap selama minimal dua tahun di institusi terakhir sebelum batas akhir pendaftaran atau fresh graduate yang memiliki prestasi sangat baik (akademis dan non-akademis). Didukung penuh oleh institusi/organisasi tempat bekerja yang dituangkan dalam employer statement

Beasiswa StuNed Meliputi Apa Saja/ Berapa Besar Beasiswa StuNed?

  • Uang kuliah
  • Biaya hidup (uang bulanan)
  • Biaya penelitian (bila diperlukan)
  • Paket asuransi (perjalanan, kesehatan, third party liability)
  • Biaya perjalanan internasional dan lokal
  • Biaya pembelian buku-buku kuliah
  • Biaya pengurusan visa

 Apa Persyaratan Khusus Beasiswa StuNed?

Program Master

1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.

2. Diterima di salah satu program master yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 3.00); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

4. Pengalaman bekerja (setelah S1) minimal 2 tahun, dibuktikan dengan menyertakan fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.

5. Mendapatkan persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.

6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;

7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 79, atau IELTS minimal 6.0.

8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;

9. Tidak ada batas umur.

Deadline

15 Maret (Untuk tahun 2015, diperpanjang hingga 1 April 2015)

Formulir

Formulir aplikasi dan formulir CV dapat diunduh di halaman ini.

Program Short Course

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan: fotokopi KTP atau paspor.

2. Diterima di salah satu program short course yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda, dibuktikan dengan: Surat Penerimaan (letter of acceptance / admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.

3. Pendidikan minimal S1 atau setara dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK min. 2,75); dibuktikan dengan: transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

4. Pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun di institusi terakhir,dibuktikan dengan: fotokopi Surat Keputusan pengangkatan pegawai (SK) atau kontrak kerja.

5. Persetujuan dari institusi; dibuktikan dengan: pernyataan resmi dari pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.

6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed;

7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik; dibuktikan dengan: hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 68, atau IELTS minimal 5.5.

8. Riwayat hidup (Curriculum Vitae) dengan menggunakan formulir standar yang terdapat di website;

9. Tidak ada batas umur.

Pilihan program studi

Semua program studi short course yang ada di Studyfinder dengan masa studi minimal 2 minggu dan maksimal 12 minggu.

Deadline

1 Maret (untuk program yang dimulai antara 1 Juli s/d 31 Desember); 1 Oktober(untuk program yang dimulai antara 1 Januari s/d 30 Juni)

Formulir

Formulir aplikasi dan formulir CV dapat diunduh di halaman ini.

PROGRAM TAILOR MADE TRAINING

Program Tailor Made Training diperuntukkan bagi organisasi yang mempunyai kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan organisasi. Program ini dirancang sesuai dengan kebutuhan organisasi pemohon (demand driven) dengan mengajukan Training Outline (TO) yang didasari oleh kebutuhan pelatihan tersebut.

Program Tailor Made Training biasanya berlangsung singkat selama 3 minggu dan diberikan oleh institusi Belanda. Training dapat mengakomodasi kelompok berjumlah paling banyak 20 orang yang terdiri dari staf tingkat madya.  Program ini tidak memberikan gelar atau diploma.

Program dapat diadakan:
– seluruhnya di Belanda;
– seluruhnya di Indonesia;
– sebagian di Belanda dan sebagian di Indonesia.

Pilihan modul, jadwal, lokasi dan jangka waktu dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi pemohon.

Training Outline/Proposal
Training Outline/Proposal  dan Assessment Form of the Intake Training Outline  dapat diunduh di halaman ini.
1. Training Outline/Proposal(293.5 KB)
2. Assessment  Form of the Intake Training Outline(14.5 KB)

Deadline pengajuan proposal adalah 01 Maret 2015.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai program ini, silahkan mengirimkan e-mail ke

Untuk Informasi lebih lanjut:

Nuffic Neso Indonesia
Menara Jamsostek Lt. 20
Jl. Gatot Subroto No. 38
Jakarta 12710
Website : http://www.nesoindonesia.or.id/beasiswa/stuned/
Tel. (021) 52902172
FB: NesoIndonesia
Twitter: @studidibelanda
Email: info@nesoindonesia.or.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s