Pecut : Ayo Gek Ndang Lulus !

“Pegangan yang erat ya..! Kita akan ngebut melewati padang pasir itu. Kalau kita berhenti di tengah akan bahaya, bisa ambles ke pasir. OK, SIAP ?” – Pak Agus Z.A

pak_agus_semangat

Status FB Pak Dekan ku 🙂

Status Facebook pak dekan saya hari ini seperti pecut buat diriku. Seperti biasa, status beliau selalu inspiratif dan menusuk. Seperti status FB beliau di atas ini benar-benar kayak pecut buat diriku yang sudah hampir 2.5 tahun PhD tapi masih nyantai-nyantai sakenak udele dewe. Ritme kerja saya masih klemar klemer kayak macan luwe. Semangat untuk cepet lulus juga masih senin kamis.

Kultur di Inggris memang berbeda dengan di Jepang dimana beliau menyelesaikan PhD nya, yang terkenal gila kerja, serba cepat, dan cak cek cak cek. Saya tahu betul bagaimana culture kerja orang Jepang itu begitu mendarah daging pada diri beliau. Ritme kerjanya benar-benar cepat, efisien, dan luar biasa !

Jujur, saya dari dulu menghindari Jepang dan Korea sebagai tempat tujuan belajar, karena menurut saya orang Jepang dan Korea itu kurang humanis, bahkan sangat robotis. Sebaliknya, Inggris, dari dulu saya pilih karena menurut saya ini adalah bangsa yang sangat humanis.

Ternyata benar, culture kerja orang Inggris adalah mengedepankan keseimbangan antara work and life.  Waktunya kerja ya kerja, waktunya istirahat ya istirahat, waktunya senang-senang ya senang-senang. Jarang sekali orang Inggris itu yang ngelembur-ngelembur. Sekolah saja banyak sekali liburnya, setiap enam minggu sekolah, libur 2 minggu. Bahkan kalau musim panas, liburnya sampai dua bulan. Tapi anehnya, orang Inggris ini kok ya bisa leading hampir di semua bidang kehidupan ya? Pusatnya Iptek, olahraga, musik, fashion, ekonomi ? Rasanya negara ini sangat leading.

Tapi setelah saya fikir, untuk tipikal orang Jawa seperti ini, seperti filosofi tulisan jawa kalau dipangku mati, kalau tidak dipecuti, kalau tidak digencet ya ndak jalan. Berbeda dengan orang British yang tingkat kesadaranya sangat tinggi. Kalau sudah ketemu passion mereka, mereka akan sangat-sangat serius menekuni passion tersebut.

Bismillah, matur nuwun Pak Agus, hari ini panjenengan mengingatkan saya untuk ngebut segera menyelesaikan kuliah S3 saya. Semoga saya bisa mengikuti jejak panjenengan, lulus sesegera mungkin. Allahumma Ammiin !

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s