Tips Membiasakan Dengan Aksen British English

Semua yang sulit membutuhkan pembiasaan untuk menjadikannya mudah. – Kata Mutiara

ilyas_dan_azza

Ilustrasi : In A Conversation

Kawan, memiliki score nilai IELTS yang bagus saja ternyata tidak cukup untuk bisa comprehend ketika kita benar-benar hidup di luar negeri. Khususnya, di Inggris, negara asal muasal bahasa internasional ini. Saya, sempat kaget ternyata cara orang Inggris ngomongnya tidak seperti yang selama ini saya pelajari di sekolah, di tes-tes TOEFL/IELTS nya.  Apalagi kalau ketemu orang yang bener-bener British Asli, busyet awal-awal dulu paling hanya 20% – 50% yang bisa ketangkep. Tidak hanya aksen dan intonasi nya yang buat saya terdengar unik, aneh ndak genah seperti orang kumur-kumur, tapi cara pengucapanya sangat beragam. Contohnya kata lunch dan much, ternyata banyak orang aseli British sekali orang sini yang mengucapkanya dengan leterally pakek u, bukan dibaca lanch dan mach yang sebelumnya saya anggap pronounciation yang benar. Ternyata, Oh ternyata.

Well, memang kalau sebagian besar dosen-dosen di kelas, mungkin karena sudah dilatih dealing with international students, pronunciation mereka mudah saya tangkap. Tapi, kalau sudah di social life di luar kampus atau dealing with dengan staff yang bukan dosen waduh bisa sangat challenging sekali. Tidak hanya saya kok, beberapa teman juga mengaku mengalami hal yang sama dengan saya. Pernah suatu hari, ketemu seorang teman asal Indonesia yang sudah cukup lama tinggal di Belgia dan berbahasa Inggris. Saat itu kami berkomunikasi dengan seorang perempuan British. Si teman tadi langsung bilang saya, waduh cak aku ndak mudeng orang ini ngomong apa, ngomong opo korah-korah? hahaha….

Yah, bahasa memang bukan sekedar bahasa, tapi terkaiat erat dengan budaya. Ketika, bahasa inggris menjadi bahasa internasional, terjadilah banyak versinya di dunia ini. Orang jawa tentunya tidak akan pernah bisa ngomong bahasa Inggris persis kayak orang British (kecuali kalau sejak kecil sudah di Inggris), begitupun orang cina, orang malaysia, orang Arab. Pada akhirnya, mereka punya versi Inggris masing-masing. Salah seorang dosen saya pernah bilang, jadi sekarang sebenarnya tidak ada yang namanya native speaker nya bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah bisa menjadi bahasa global.

Tetapi, dari kaca mata main stream nya bisa dibedakan dua versi yaitu British English dan American English. Ternyata di Indonesia (terutama bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah-sekolah) itu mengiblat ke American English. Sehingga, buat kita orang Indonesia yang pertama kali datang di Inggris akan merasa cukup sulit mamahami aksen British.

Lah terus, apa bedanya? 

Secara garis besar bedanya pertama terletak pada aksen nya. Kalau American English cenderung datar  dan flat, sementara kalau British English aksen nya lebih seksi dan intonasinya lebih akrobatik. Tobe honest, aksen British English much more complicated dan susah banget untuk ditiru. Tapi tidak berlaku buat anak-anak. Anak saya, umur 3 tahun, yang disini baru sekolah selama 9 bulan, bahasa inggrisnya sudah lancar sekali dan sangat British sekali. Bapaknya, yang udah bertahun-tahun belajar, masih saja kelihatan medok nya. Pokoknya, dalam hal speaking dan penguasaan vocabulary sehari-hari saya sekarang kalah telak dengan anak saya yang umur 3 tahun.

Perbedaan kedua pada penulisan. Kalau american English biasa pakek huruf z, British English biasa pakek huruf s. Contoh visualization versus visualisation. Hati-hati, orang british bisa sangat sensitif kalau kita menulis dengan ejaan american English (Pengalaman pribadi, hehehe).

Membiasakan Aksen British

Sebenarnya, semuanya hanya karena pembiasaan saja. Telinga kita yang biasa mendengar American English akan merasa asing mendengar British English. Tapi kalau sudah terbiasa dua-duanya, it totally does not matter.  Berikut, saya punya beberapa tips, untuk membiasakan telinga kita sama British English dengan cara menyenangkan. Karena sebagian besar dari kita lebih terbiasa dengan american English.

  1. Menonton Film Cartoon kesukaan anak saya, namanya Charlie and Lola dan Peppa Pig. Cari saja di youtube, available for free Bero, Sis ! Ini aksenya British Banget. Ini juga sangat bagus ditonton buat anak balita anda, atau adik-adik kecil anda yang ingin belajar bahasa inggris secara cepat.

    CharlieAndLola

    ILustrasi : Charlie & Lola (Youtube)

  2. Kalau ingin hal yang lebih serius, ikuti berita BBC News oleh penyiar BBC kesayangan saya namanya Zainab Badawi. Meskipun kelahiran Sudan, mbokde saya satu ini juga British nya kental banget.  Pronunciation-nya sangat seksi sekali. Kita juga bisa belajar speaking yang sempurna dari mbokde Zainab ini. Kalau mau belajar, tinggal search saja namanya di youtube !

    ZainabBadawi

    Zainab Badawi (youtube)

  3. Terakhir untuk membiasakan mendengarkan kuliah dari dosen-dosen dari kampus-kampus di Inggris. Gabung saja MOOC: FutureLearn (http://futurelearn.com), sebuah layanan kuliah online gratis yang diselenggarakan oleh konsorsium kampus-kampus di UK. Sebuah pengalaman kuliah online yang sangat menyenangkan, sangat menstimulasi, dengan kualitas kampus tingkat dunia, bisa anda temukan disini. Salah satu kuliah yang sangat saya rekomendasikan untuk join adalah: STUDY SKILLS FOR INTERNATIONAL STUDENTS  (Klik disini untuk join).  Ini penting banget untuk persiapan sebelum berangkat di Inggris.

    futureLearn

    Kuliah online Futurelearn.com (Futurelearn.com)

Selanjutnya, semuanya hanya masalah pembiasaaan. Lama kelamaan, by the time goes by anda akan terbiasa dengan aksen british. Oke, sukses buat sampean semua ! Semoga Bermanfaat !

Advertisements

15 comments

  1. Logat British lebih terdengar “nyanyi” ya cak Shon… Kentara sekali di film-film Harry Potter. Lek nang Indonesia, yang logatnya “nyanyi” gitu menurutku orang Sunda.

  2. Wah terima kasih banyak Pak, saya mahasiswi ilmu komputer di suatu universitas tanah air hehe saya senang sekali membaca blog bapak, sangat menginspirasi dan memotivasi. Semoga saya dapat melanjutkan studi di luar negeri! Terima Kasih Pak atas tips nya.

  3. selama ini udah tau sih british lebih susah dari american. cuma belum tertarik untuk mempelajari british lebih lagi, pas sudah kuliah dan kayaknya pengen kuliah S2 di luar negeri aka negeri yg memakai british style langsung cari2 tau deh. infonya berguna banget. thank a lot 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s