Tips Belajar IELTS dan TOEFL iBT Otodidak

… kawan, kebanyakan persiapan terbarat untuk sekolah ke luar negeri adalah persiapan Bahasa Inggris. Tidak semua ditakdirkan memiliki kecerdasan verbal-linguistic yang bagus, sehingga perlu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan score IELTS / TOEFL iBT yang biasa menjadi persyaratan kampus-kampus di luar negeri maupun sponsor beasiswa.

dengan_school_work

Ilyas and his school works

Jika sampean punya uang lebih, sampean bisa ikut kursus di IALF yang biayanya sangat Mahal. Sama seperti test IELTS yang juga sangat mahal. Tapi, jika tidak, tidak perlu khawatir sampean bisa belajar dari mana saja kok. Salah satunya adalah dengan electronic dan online resources yang bertebaran di internet. Pengalaman saya pribadi, bahan belajar ini sangat efektif membantu saya mendapatkan score yang cukup lumayan bagus. Saya, dan beberapa teman yang hanya belajar dari kumpulan  ebook, audio, video persiapan IELTS ini saja sudah bisa mendapatkan score IELTS 7.0. Ikut kursus mahal pun, tidak ada jaminan mendapatkan score IELTS yang bagus. Saya pernah ikut pelatihan IELTS di pusat bahasa UI selama 4 bulan, full konsentrasi, mentok dapat score 6.0 :D. Beberapa bulan kemudian, hanya belajar otodidak, di sela-sela kesibukan mengajar kembali, alhamdulilah tes lagi finally, dapat score 7.0. Eh, Tapi tergantung juga dengan backgraound sampean masing-masing dan tergantung gaya belajar sampean masing-masing. Tidak semua orang bisa belajar otodidak. Tapi yang jelas, semuanya butuh usaha dan kemauan yang keras.

Sedikit Tips Untuk Belajar  IELTS secara Otodidak

Test IELTS terbagi menjadi 4 bagian, reading, listening, academic writing, dan speaking. Untuk listening dan Reading relatif lebih mudah dan bisa latihan sendiri. Silahkan baca ebook -ebook yang tersedia untuk memahami strategi nya, dan yang paling terpenting adalah latihan sebanyak-banyak nya. Ebook-ebook ini juga dilengkapi file Audio nya, dan sekaligus kunci jawabanya, sehingga anda bisa latihan sebanyak-sebanyak nya.  Semakin banyak latihan semakin sampean akan semakin terbiasa dengan soal-soal reading dan listening.

Yang agak susah adalah bagian academic writing dan speaking. Karena sampean tidak bisa menilai hasil tulisan dan speaking sampean sendiri. Sebagai latihan, untuk writing yang paling penting adalah latihan writing under time pressure. Pada tes IELTS sesungguhnya, sampean hanya diberikan waktu sangat terbatas untuk menulis. Jadi, latihan yang bisa sampean lakukan adalah latihan menulis sejumlah kata yang diminta dalam rentang waktu yang diberikan. Untuk menilai tulisan sampean, yang bisa dilakukan adalah dengan membandingkan contoh-contoh jawaban writing yang tersebar banyak sekali di internet. Sampean sebanrnya juga bisa menilai tulisan sampean sendiri, dengan mengoreksi grammatical error, kohesi dan koherensi. Semakin banyak berlatih, sampean akan semakin mahir.

Untuk, latihan speaking, sampean bisa meminta tolong teman sampean untuk menginterview sesuai dengan daftar pertanyaan yang ada di buku IELTS. Dan jangan lupa rekamlah jawaban speaking sampean. Selain latihan under time pressure, sampean juga bisa menilai sendiri rekaman speaking sampean. Biasanya, sering kali dalam speaking kita tidak sadar telah melakukan banyak sekali grammatical error, seperti penggunaan article a, an,  the, dan akhiran -s, -es, -ed yang seringkali tidak terdengar. Sehingga tidak bisa dibedakan bentuk present atau past tense nya. Ini sangat wajar, karena bahasa ibu kita tidak lazim menggunakan article maupun bentuk lampau. Lakukan rekaman sebanyak-banyaknya (tidak perlu beli recorder, sampean bisa pakek smartphone ataupun handphone China juga bisa buat rekaman kok :D), sampai sampean terbiasa.

Darimana sampean harus memulai ?

Jika sampean baru pertama kali mengenal IELTS, karena biasanya hanya tahu test TOEFL paper base yang sudah tidak bisa dipakai lagi di Eropa, US, dan Australia, tes IELTS sangat berbeda dengan TOEFL paper base. Saya juga, baru tahu test IELTS ketika persiapan berangkat ke Inggris. Format dan Bentuk soanya totally different. Tapi menurut saya, test IELTS ini lebih humanis dan lebih mencerminkan kemampuan bahasa Inggris kita sebenarnya. Lebih humanis, karena akan dinilai oleh manusia beneran, tidak dinilai oleh mesin atau komputer. Tes listeningnya pun lebih menyenangkan, karena context base. Lebih mencerminkan kenyataan, karena apa yang diujikan dalam tes IELTS ini benar-benar dibutuhkan ketika sampean belajar di kampus yang sampean tuju. So, belajar persiapan tes IELTS ini sebenarnya bukan sekedar mendapatkan selembar score IELTS, tapi lebih mempersiapkan bagaimana sampean akan hidup di kampus luar negeri sampean kelak.

  • Jadi, dari mana sampean harus memulai? Agar belajar terasa menyenangkan, untuk pemula, mulailah belajar dari video series IELTS Preparation Oleh Magot Politis. Selain mbaknya cantik dan sedap dipandang, cara penyampaianya pun sangat enak dan menyenangkan untuk diikuti. Ada sekitar 82 video series yang akan membuat sampean terbiasa dengan apa dan seperti apa tes IELTS itu.
  • Setelah, memiliki gambaran umum apa itu tes IELTS. Selanjutnya adalah mulai dengan memahami teori dari ebook yang ada. Teori meliputi grammar, teknik membaca, dan academic writing. Pahami konsep-konsep penting, yang di expect dari test IELTS ini. Belajarlah teori sampai sampean merasa eneg.
  • Belajar teori sering kali terasa, membosankan, karenanya setelah merasa eneg, berpindahlah ke LATIHAN sebanyak-banyak nya. Di masing-masing ebook dilengkapi dengan file audio untuk listening dan kunci jawaban.
  • Jika sudah memahami teori, dan terbiasa dengan format test IELTS, selanjutnya adalah belajar Tips dan Trik mendapatkan score yang bagus. Waktu tes yang sangat terbatas, menuntut kita untuk bisa memanfaatkan waktu sepintar mungkin, karenanya diperlukan tips dan triks. Sampean bisa belajar tips dan trik dari orang lain di internet(googling saja, salah satu rekomendasi: www.ielts-blog.com) IELTS Blog), tapi harus ingat ini belum tentu efektif buat sampean. Karena setiap orang punya teknik sendiri-sendiri yang menurut mereka lebih efektif. Tips dan trik terbaik adalah tips dan trik yang sampean temukan sendiri dari seringnya latihan. Setelah sering latihan, saya sendiri pun akhirnya menemukan tips trik saya sendiri, yang insha Allah dilain waktu akan saya share (Update: Berikut Tips dari Saya).
  • Mulai sekarang dan Istikomah lah. Kebanyakan dari kita, termasuk saya  itu ‘hot-hot chicken shit’ (baca: hangat-hangat tahi ayam)semangat diawal-awal habis itu mlempem kayak kerupuk dalam kaleng yang lupa ditutup. Percayalah itu tidak baik. Yang terbaik adalah ajeg dan jejeg atau istikomah. Disiplinkan diri sendiri, dengan mengalokasikan waktu 1 jam per hari, atau 5 jam tiap sabtu dan minggu. Ingat, tidak ada proses instant dalam belajar, semua butuh proses yang panjang. Mungkin, beberapa orang terlihat cepat sekali belajarnya, tetapi kita tidak tahu sebelumnya mereka sudah pernah belajar banyak sebelumnya.

 

london_06

Salam Semangat !  Saya Tunggu di negara impian studi mu !

Tambahan: ada juga kuliah online gratis IELTS Preparation di EDX, silahkan join: disini

Sampean harus baca juga:

Advertisements

689 comments

  1. Asalamualaikum, ms
    Nama saya ridwan dari yogyakarta. Nuwun sewu, kalau mau minta e-book saged? Bisa dikirim ke ridwanfahrudin07@gmail.com
    saya mau belajar otodidak ielts dari 0. Semoga ke baikan dari mas, mendapat berkah dan pahala oleh Allah. Amiin.
    Terimakasih banyak ms

  2. Assalamualaikum, seperti teman2 diatas, saya seorang dosen dan mau persiapan studi, apakah boleh juga boleh minta ebook nya, Mohon bisa diemailkan ke elykartikaa@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. Mudah-mudahan amal share ilmu pengetahuannya berkah dan dibalas Alloh SWT…. Amiiiiin…

  3. Asalamualaikum, mas,
    Terima kasih atas tulisannya yang memua saya tambah bersemangat untuk lanjut sekolah di luar negeri.

    Mohon bantuannya kirim file” ebooknya ya mas ke email ini : global_dgm@yahoo.com
    saya mau belajar otodidak ielts dari 0 juga mas. Semoga Yang maha kuasa selalu memberikan kemudahan untuk mas.
    Terimakasih banyak

  4. Assalamu ‘alaikum. Thanks buat informasi plus tipsnya. Terasa menyenangkan untuk diikuti. Teman2 dikomen sblmnya meninggalkan email dan saya tertarik mengikuti. In sya Allah e-booknya akan sangat membantu: aya.alhusna@gmail.com

    Thanks before.

  5. Maaf mau tanya, yang mas sebut , pernah ikut pelatihan IELTS di pusat bahasa UI selama 4 bulan itu bisa per individu atau bagaimana mas? atau harus per institusi misal dosen? tks

  6. Assalamualaikum, kak.
    terima kasih atas informasinya, kak.
    saya mahasiswi yang lagi mau mencari beasiswa api belum paham tentang IELTS. kalo berkenan saya ingin meminta e book dari kakak untuk bahan belajar saya.
    septimustika7@gmail.com ini email saya.
    terima kasih banyak 🙂

  7. Terima kasih telah menulis artikel ini, Sungguh menginspirasi sekali. Saya juga ingin belajar IELTS dari dasar, jika berkenan mohon kirim juga ebook-nya ke email saya ayasofi8@gmail.com. Terima kasih banyak sebelumnya.

  8. Assalamualaikum Wr Wb
    Terima kasih sudah mau berbagi. Semoga amal kebaikan dibalas oleh Allah SWT dan dilancarkan segala urusannya. Apabila berkenan, mohon dikirim ebooknya ke email saya lailisalsa.97@gmail.com. Terima kasih banyak

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Ka makasih tips nya, buat saya lebih semangat lagi belajar bahasa inggrisnya. Kalo boleh sya mau belajar ielts dari awal, kalo boleh punten bisa dikirimkan ebook nya ke email saya tiinhaeli@gmail.com. semoga allah kasih lebih apa yang kka bagi ebook ini. Aamin
    Makasih ka.

  10. Halo kak saya Valensius Primsa dari SMA NEGERI 1 KABANAJAHE , Sumatera Utara . saya ingin mendapat kan dan mempelajari IELTS Materi dari kakak yang ada pada kakak sekarang . Tolong kak kirim Ebook file file nya ke email saya primsginthe726@gmail.com . Makasih kak,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s