Kincir Angin di Kota Robinhood

“…. bagai berdiri di atas punggung raksasa,  setiap capain pengetahuan tak pernah bisa mengabaikan capain-capain sebelumnya” -Random Thought

greenmild_nottingham

Negara manakah yang dijuluki negeri kincir angin? Sampean pasti menjawab Belanda bukan? Negara mantan juragan kita yang jahatnya jahanam itu. Sampean tidak salah, tetapi jangan salah kincir angin tidak hanya bisa anda jumpai di negeri Belanda, tetapi juga ada di Inggris. Salah satunya adalah di kota Nottingham.

Memang kota indah tempat saya ngangsu kaweruh ini selalu diasosiasikan dengan legenda Robin Hood. Belum tahu siapa itu Robin Hood? Boleh dikata, legenda Robin Hood ini mirip dengan cerita Sunan Kalijaga di tanah Jawa. Konon Robin Hood ini suka mencuri kekayaan di Istana kerajaan, untuk kemudian dibagi-bagikan ke rakyat jelata yang miskin. Nama-nama dalam legenda Robinhood itu sampai sekarang masih diabadikan sebagai nama tempat dan jalan di Kota Nottingham, seperti sheerwood forest, tempat persembunyian Robinhood dari kejaran prajurit kerajaan.

robinhood_nott

Jika anda jalan-jalan ke kota Nottingham, selain ke Nottingham Castle untuk napak tilas legenda Robinhood, ada satu tempat yang layak untuk dikunjungi, yaitu Green Mill and Science Centre. Di tempat inilah anda bisa berfoto dengan latar belakang kincir angin seperti di Negeri Belanda. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk foto dengan kincir angin. Dari pusat kota Nottingham, Victoria Centre, anda bisa naik Bus Nomer 44. kurang lebih 3 bus stop dari Victoria Centre. Hari yang tepat untuk ke Green Mill adalah hari minggu. Selain bisa dapat tiket murah all day £4 untuk 2 orang dewasa dan 3 anak-anak, anda bisa sekalian ke Car Booth, tempat memburu barang-barang berharga dengan harga super murah bahkan gratis. Green Mill and Science Centre ini satu arah menuju lokasi Car Booth.

greenmild_nottingham_2

Sesuai namanya selain kincir angin disini juga terdapat pusat ilmu pengetahuan dan tempat pengolahan tepung terigu. Sedangkan Green sendiri diambil dari nama seorang matematikawan kesohor dari kota Nottingham, yaitu George Green. Selain foto-foto dengan latar belakang kincir angin, di tempat ini anda bisa belajar bagaimana prinsip kerja dari kincir angin ini. Di bawah kincir angin ada sebuah science centre. Di science centre ini anda bisa melihat alat-alat peraga yang menerangkan bagaimana hukum-hukum dasar fisika dan teori matematika digunakan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari dan menjadi fondasi dari teknologi mutakhir saat ini. Sehingga tempat ini sangat cocok jika anda membawa putra-putri anda yang masih usia sekolah. Dari tempat ini, kita akan mengapresiasi betapa pentingnya teori-teori dasar matematika dan fisika sebagai cikal bakal inovasi teknologi khususnya untuk teknologi pengolahan tepung terigu. Jika dulu sampean punya keyakinan bahwa ilmu matematika dan fisika itu membosankan dan tidak ada aplikasinya, di tempat inilah sampean akan mendapatkan pencerahan.

Jadi tempat ini bukan sekedar tempat foto-foto dan bergaya, lebih dari itu tempat ini sebagai penghargaan terhadap temuan awal teknologi. Tentu saja, teknologi mutakhir yang ada saat ini tidak datang begitu saja, tetapi melalui proses jalan panjang ikhtiar ilmiah. Berawal dari teori-teori dasar fisika dan matematika bertumbuh kembanglah ilmu pengetahuan manusia. Dari situlah pada akhirnya muncul inovasi-inovasi teknologi yang sangat memudahkan kehidupan umat manusia seperti kehidupan manusia modern seperti saat ini. Tetapi perlu diingat dan tidak boleh kita lupakan adanya sebuah proses panjang dan urun tangan dari orang-orang banyak sebelumnya. Dan disinilah salah satu tempat untuk mengingat itu. Agar generasi muda selalu mengapresiasi ilmu-ilmu pengetahuan dasar ini. Memang, bagai berdiri di atas punggung raksasa,  setiap capain pengetahuan tak pernah bisa mengabaikan capain-capain sebelumnya.

greenmild_nottingham_3

Salam dari Nottingham. Cheer Up !

Advertisements

One comment

  1. Tole ilyas kok gak mbok jak to kang haha..

    Btw aku seneng karo anatomi badan pada patung robin hood. Padet gempal proporsional. Haha

    Kalau di indo sini, wisata kayak candi gitu juga sudah ada museumnya sih ya, jadi sekalian bisa belajar sejarah. Walaupun kebanyakan ya dihabiskan buat foto foto. Haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s