Beras Miskin (Raskin) vs Beras Harga Cerdas

smart_price_01b

Hari itu adalah hari Jumat siang, sekitar pukul 2 siang. Seperti biasa, selepas sholat jumat di Portland Building, University Park, Universitas Nottingham, kami teman-teman pelajar Indonesia  berkumpul  sekedar untuk mengobrol sebentar di gedung pusat kegiatan mahasiswa tersebut. Entah kenapa, saya selalu merasakan kebahagian tersendiri berjumpa dengan teman-teman seperjuangan sebangsa dan setanah air.  Karena di luar itu, kita selalu terperangkap dengan kesibukan di dunia kecil kita masing-masing atau terjebak dalam kesendirian yang menyesakkan dada.

Setelah berdiskusi kecil, di hari terakhir liburan Ester tersebut, saya, ZA, dan pak SH memutuskan untuk belanja bersama di Hyson Green, sementara mas WI pergi ke city center untuk belanja ke City Center dengan voucher hasil dari jadi sukarelawan objek penelitian.

Kami menunggu bus Medilink, layanan bus gratis,  di halte di depan, Queen Medical Center, Fakultas Kedokteran Universitas Nottingham. Lima menit kemudian, bus tiba, dan kami segera masuk ke dalam bus, di sambut  senyum ramah  sopir bus.  Di dalam bus, kami tak pernah kehabisan bahan diskusi untuk membandingkan kondisi Indonesia dan di Inggris yang selalui kami sudahi dengan” andai-andai” suatu saat negeri kami memiliki fasilitas senyaman di negeri ratu Elisabeth ini. Kami akhirnya turun di halte Wilkinson street.

Dari halte tersebut, kami harus berjalan lagi sekitar 10 menit menuju pusat perbelanjaan. Hyson green ini adalah salah satu wilayah di Nottingham yang mayoritas warganya adalah Muslim. Disini, bisa ditemukan toko-toko dengan nama-nama arab layaknya pertokoan di daerah Ampel Surabaya. Disini juga, kita bisa dengan mudah menemukan penjual daging dan ayam halal. Bahan-bahan makanan Asia juga tersedia di Hyson Green ini.

Tempat pertama kali yang kami kunjungi adalah sebuah supermarket besar bernama ASDA.  Layaknya sebuah supermarket, hampir semua kebutuhan hidup tersedia di supermarket hijau ini. Berbeda dengan supermarket pada umumnya di Inggris, di ASDA terdapat lumayan banyak produk yang berlabel Halal, termasuk daging dan ayam halal.

Yang menarik di Asda ini adalah tersedianya produk bermerek khusus ASDA smart price.  Hampir semua jenis produk mulai dari beras, telur, minyak, biskuit, sampai dengan Parfum tersedia merk Asda Smart Price. Kemasanya cukup mudah dikenali dengan warna kemasan didominasi putih dan hijau. Harga produk smart price ini harganya super murah. Harganya bisa lebih murah 1/2 bahkan sampai dengan 1/5 merk lainya dengan kualitas yang hampir sama. Beras 1 kg smart price misalnya, harganya cuman 40 Pence (0.4 Poundsterling) sedangkan merk lain harganya di atas 1 Poundsterling. Padahal pernah saya coba, ternyata beras yang £0.4 per kg rasanya lebih enak daripada beras yang harganya di atas £1.

Sepertinya di Inggris ini diberlakukan subsidi untuk bahan makanan pokok. Mungkin sama dengan di Indonesia dengan program Raskin alias Beras Miskin. Hanya saja disini, diberi nama yang lebih santun, beras harga cerdas. Dan tidak hanya beras, tapi hampir semua bahan makanan. Yang membuat saya heran adalah meskipun harga produk smart price itu jauh lebih murah daripada merek lain, ternyata merk lain tetap laku. Kalau logika saya, untuk mendapatkankan produk dengan kualitas yang sama, kenapa harus bayar lebih mahal?

Rupanya logika itu tidak berlaku disini. Mungkin karena tingkat kesadaran dan daya beli yang sangat tinggi, hanya mereka yang benar-benar berkantong cekak saja yang memilih produk smart price.

smart_prize_2

 

Pokoknya, kalau cerdas memilih produk dengan harga cerdas , kita bisa menyelamatkan pundi-pundi Pound kita :D. 

Advertisements

3 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s