Orang-Orang berkepribadian “Extravert” [Bagian 2]

bukan sulap bukan sihir, bukan bohong bukan omong kosong. Kejadian ketemu orang dengan kepribadian extravert ini kembali terulang pada diri saya. Parahnya lagi, orang yang bersangkutan pada kali kedua ini, lagi-lagi adalah tante-tante. Hehe…saya jadi berspekulasi kalo “extravert” hanya terjangkit kepada tante-tante.
Begini ceritanya:

Pengalaman Kedua : Perjalanan Udara Kuala Lumpur – Surabaya

Ini adalah penerbangan yang paling menyenangkan sepanjang sejarah saya naik pesawat. Saya terbang ketika angan ini serasa melayang-layang dibalik awan, ketika saya berhasil menggenggam satu impian, ketika saya pulang ke kampung halaman dengan satu kemenangan, ku selesaikan dengan indah M.Sc. studies ku di negeri Jiran Malaysia, setelah 2+ tahun bergelut dengan ketidakpastian. Nyatanya, harapan saya untuk melamun sendirian di dalam kabin pesawat, sambil mengikuti angan yang ingin menari-menari dibalik awan itu tidak kesampean. Sial pikirku, ketemu dengan Tante-Tante yang bener-bener ndak bisa diem, kayak radio yang ndak ada tombol Off nya. hue he…..

Ketika saya duduk di salah satu kursi dalam kabin pesawat dengan nomor yang sama dengan di Tiket, eh ternyata di samping kanan saya sudah ada wanita muda [wah… harapanku untuk menatap sang awan sambil melamun bersama angan2 pupus sudah, karena kursi yang bersebelahan dengan jendela sudah terisi tante]. Kulitnya putih, rambutnya lurus, pakek kacamata frame tebal, chinese-like. Gaya bicara nya ke chinese2an. Sehingga saya sangat tidak percaya ketika dia mengaku sebagai seorang TKW, sebagai Pembantu Rumah Tangga, sebelum akhirnya dia memperlihatkan kedua passpornya kepada saya. Tambah tidak percaya lagi, kalau ternyata dia sudah punya suami dan 1 orang anak di Malang yang sudah 2.5 tahun dia tinggalkan di Negeri Jiran Malaysia.

Si Tante, dengan gaya blak-blakan dan bloko suto [baca: apa adanya dan tidak ada yg disembunyikan sama sekali] menceritakan semua kisah hidupnya ke saya. Saya pun hanya banyak diem mencoba menjadi pendengar radio yang budiman :p. Sesekali ngasih komentar ke cerita si Tante, biar kesan nya saya memperhatikan. Yang tidak aku suka, tangan nya Si Tante sering kali beroindah ke punggung saya, ke paha saya, ke tangan saya. Parah banget… Namanya Miati, nama aslinya Jumiati Hasanah. Dia nekat pergi ke Malay sebagai TKW karena tuntutan ekonomi keluarga. Di Malay dia dapat majikan orang Cina dan tinggal di perkampungan yang 99% orang Cina. Sehingga tidak heran setelah 2.5 tahun kemudian Tante Miati yang Jowo Asli itu sekrang lebih faseh bahasa Tionghoa. Konon katanya dapat keluarga yang buaikk… buangaet. Suka dibelanjakan pakaian dan hadiah sama majikanya. Walaupun sebelumnya sering dikatain Sinting sama majikanya. Sayangnya dia yang muslimah itu terpaksa selama 2.5 tahun tidak pernah sholat, bagaimana mau sholat sedangkan setiap saat dia berteman dengan Anjing dan Babi, sekalipun sang Majikan pun tidak Melarang dia untuk sholat.Dia juga bercerita kalau selama di Malaysia ini, dia punya Boy Friend yang lain wedew…………..

Ini adalah kali pertama Tante Miati pulang ke tanah air, dia sangat terharu bagaimana rasanya bertemu dengan keluarga nya kembali. Hal yang ingin pertama dia lakukan pertama kali ketika nyampek Bandara adalah: Mencium sang suami dan Anak semata wayang nya, kemudian dia juga ingin melakukan sholat yang telah lama ini dia tinggalkan. Eh tiba-tiba tante Miati Menangis tersedu-sedu di samping saya. Begitulah, Tante Miati terus dan terus berceirta tanpa henti. Sebelum kami berpisah di Bandara Juanda Surabaya, Si tante meminta nomor hp saya, dan mewanti-wanti saya untuk tidak melupakan si Tante. hua ha………..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s