Himmah, “Sebuah Cita-cita Yang Tinggi”

Sebuah kesempatan yang langka dan Mengesankan sekali,
Malam Selasa 1 May 2007. Ana berkesempatan ngobrol langsung dan mendengarkan
taushiah dari seorang “Ust. Habiburrahman”. Pengarang the Masterpiece “ayat-ayat cinta”.
Tidak seperti biasanya,  yang mana  beliau selalu hadir dalam forum besar, forum bedah buku karya beliau. Beliau kali ini menyempatkan diri bersilaturrahim ke tempat kami. Dalam Forum kecil, Forum yang hanya terdiri 10 orang sahaja. di masjid “Annur” Universiti Teknologi Petronas.
Oh ya kebetulan Ust Habiburrahman ini kebetulan skr sedang ambil thesis di University Of Malaya ambil jurusan Tafsir Hadist.

Dalam forum mabit ini, ana mendapat tausiah dari tentang pentingnya memiliki “himmah”. Yaitu sebuah cita-cita yang tinggi. Seseorang akan habis jika sudah tidak memiliki satu ini.
Seorang Ayah rela bekerja keras, membanting tulang  demi sebuah keinginan besar mengantarkan sang anak tersayang sampai ke bangku perguruan tinggi.

Mendegar kata-kata “himmah” ini, ingatan saya langsung teringat jamanya saya ngaji SOROGAN di pesantren Darussalam Blok Agung Banyuwangi. Di Pesantren ini dan juga hampir diseluruh pesantren “salaf” khususnya. Ada sebuah kitab yang sangat populer, kitab kuning ini berjudul. “Ta’limul Mutaalim” sebuah kitab yang secara detail berisi pedoman dan nasehat-nasehat kepada para penuntut ilmu agar sukses dalam belajarnya.
yach mungkin karena kitab ini termasuk kitab kuno, yang dikarang ratusan tahun silam… dalam kitab ini juga terdapat hal-hal atau nasehat-nasehat yang menurut pendapat ana kurang rasional.
Misalnya Si pengarang kitab mengatakan bahwa salah satu perkara yang memperkuat  hafalan seseorang adalah dengan memakan buah kurma (kurma jenis apa gt). Aneh…

Dalam Kitab ini sang pengarang juga menekankan pentingnya memiliki himmah yang tinggi bagi setiap penuntut ilmu. Agar sukses dalam menuntut ilmu…
—-
Dengan kata lain kita harus berani bermimpi dalam hidup ini…. karena dalam mimpi itu tersimpan sebuah kekuatan. The POWER Of The DREAM.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s