Tips Hidup Hemat di Inggris (ala mahasiswa kantong cekak)

belanja

Ingin kuliah ke Luar Negeri? Mungkin Inggris bisa jadi salah satu negara tujuan pilihan anda. Di Inggris, terdapat kampus-kampus bagus yang sudah tidak diragukan lagi reputasi internasionalnya. Disini, anda juga bisa merasakan menjadi bagian dari masyarakat global dengan berada di tengah-tengah orang dari latar belakang budaya dan kebangsaan yang berbeda. Tidak hanya puluhan, tapi ratusan bangsa yang berbeda bisa anda temukan di negeri harry potter ini. Selain itu, menurut hemat saya, Inggris adalah negara yang sangat sempurna sebagai simbol kemajuan peradaban manusia yang sangat humanis. Tidak hanya mengejar modernitas kemajuan jaman, tetapi tetap mempertahan tradisi. Semua itu kan menjadi pengalaman yang tak ternilai harganya jika ada mengalaminya sendiri.

Sayangnya, pengalaman berharga itu tidak murah harganya kawan. Inggris adalah negara yang nilai tukar mata uang nya termahal di dunia. Satu pound sterling setara dengan lima belas ribu rupiah. Artinya, bagi orang Indonesia, hidup di Inggris itu sangatlah mahal. Oleh karena itu anda harus cerdas mengatur gaya hidup anda jika tidak ingin bangkrut di negara orang.

Berikut adalah Tips hidup hemat di Inggris, khususnya di Universitas Nottingham,  ala mahasiswa berkantong cekak seperti saya :D. Meskipun saya tidak biaya sendiri, tetapi karena beasiswa saya adalah hasil peluh, keringat, dan bahkan mungkin tetesan darah rakyat Indonesia dan jumlahnya juga kecil pakek telat-telat lagi. Rasanya, malu menghabiskan uang rakyat itu untuk kesenangan pribadi (*halah.. sok2an sekali :p ). Lagian, kata orang tua di jawa, jaman kakek nenek saya dulu, orang menuntut ilmu itu kalau ingin berhasil  harus melakukan laku  tirakat dan prihatin.

  1. Pilih ngekos (sewa kamar) di rumah penduduk di luar kampus. Anda sebenarnya bisa tinggal di asrama yang disediakan di dalam kampus, tetapi harganya dua kali lipat lebih mahal dari tinggal di luar kampus. Selain itu, dengan tinggal di luar kampus anda bisa merasakan bagaimana berinteraksi langsung dengan orang Inggris (kalau anda ingin bergaul).
  2. Masak sendiri. Selain menu masakan yang kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia, tidak terjamin halal dan haramnya, yang jelas harga makanan di luar jauh lebih mahal daripada masak sendiri. Ingat, di inggris sangat berbeda dengan di Indonesia harga ‘layanan’ itu sangat mahal. Jumlah uang makan sehari jika anda makan di luar  bisa setara dengan jumlah uang untuk belanja bahan makanan untuk keperluan satu minggu jika anda masak sendiri. masak_sendiri
  3. Belanja keperluan sandang ‘Outfit’  di Charity Shop. Di inggris, anda bisa menemukan banyak sekali Charity Shop. Disini dijual pakaian, sepatu, sandal dan ‘outfit’ bekas yang masih lumayan bagus dan harga sangat murah, seharga sepiring nasi. Charity shop ini mendapatkan barangnya dari sumbangan dan hasil penjualanya di sumbangkan ke yayasan-yayasan seperti yayasan penyakit kanker, dan yayasan sosial lainya. charity_shop
  4. Belanja pakaian baru pada saat Boxing Day. Kalau ingin belanja pakaian baru, saat yang paling tepat adalah pada saat Boxing Day, yaitu tanggal 26 Desember setiap tahunya (hah, masak iya beli pakainya setahun sekali? :p) Diskonya besar-besaran dan tidak tipu-tipu seperti promo lebaran di Indonesia. Kalau diskon 50%, harganya benar-benar separo dari harga normal, tanpa dinaikkan harganya dulu sebelum diskon.belanja_boxing_days
  5. Ketika belanja di supermarket pilih produk berlabel nama supermarketnya. Ada banyak supermarket dengan jaringan besar di seluruh UK seperti ASDA, Tesco, Aldi, dan Sainsburry. Mereka biasanya punya produk dengan kemasan merk sama dengan nama supermarketnya. Misalnya di ASDA punya ASDA Smart Price (ini pilihan saya nomer WAHID :D), di Tesco punya produk Tesco Everyday Value.smart_price_01
  6. Mencari Penghasilan Tambahan dengan kerja Part time di dalam/diluar kampus. Sebagai pemegang VISA pelajar di Inggris, anda memiliki hak untuk bekerja yang dibayar maksimal 20 jam per minggu. Anda bisa kerja sebagai Cleaning Service , Nyebar brosur, Ngangkut barang, Data Manipulator, dll. Lumayan lo, Upah minimum di Inggris adalah £6 per jam. Untuk mendapatkan informasi dan melamar kerja part time ini bisa dilakukan secara online di http://www.unitemps.co.uk. unitemp
  7. Mencari Penghasilan dengan menjadi objek  ‘pesakitan’ penelitian. Sebagai universitas dengan reputasi dunia dalam penelitian. Di Universitas Nottingham ada banyak sekali penelitian yang membutuhkan manusia sebagai objek penelitianya. Anda bisa menjadi objek penelitian uji coba program diet, bersedia merelakan bagian tubuh anda diambil diajadikan sampel (misalnya . darah) atau sekedar main game. Saya pribadi pernah dua kali jadi object penelitian, pertama uji coba rumah masa depan, disuruh duduk di kursi di ruang gelap, dengan memakai alat perekam detak jantung. Yang kedua, ujicoba game berbasis tim dan lokasi. Lumayan per satu jam dibayar £10.
  8. Mencari Penghasilan dengan menjadi Teaching Assistant. Anda bisa melamar atau ditunjuk oleh supervisor sebagai Lab. Helper, Lab. Demonstrator, Tutor, Marker dan sebagainya. Pengalaman pribadi selama  7 bulan disini, pernah dua kali jadi Lab. Helper dan 1 kali jadi Marker (Ngoreksi). Lumayan juga, per jam nya anda akan dibayara £10. Terutama marking course work report  (laporan Tugas Besar) jika mahasiswanya banyak, bisa menghasilkan duitnya banyak juga.Ahmad Muklason
  9. Mencari Penghasilan tambahan dengan menjadi Invigilator (Penjaga Ujian). Di setiap akhir semester selalu ada ujian akhir yang dilaksanakan secara terpusat dan serentak seluruh kampus. Anda bisa melamar menjadi penjaga ujian. Lumayan perjam nya anda akan dibayar sekitar £8. Bahkan, ikut pelatihan jadi invigilatornya juga dibayar.
  10. Gunakan mode transportasi gratis dalam kota. Di hari kerja anda bisa menggunakan Bus Medilink, bus gratis yang menghubungkan antar rumah sakit di dalam kota. Di akhir pekan anda bisa menggunakan Hopper Bus gratis dari kampus ke City Center.
  11. Gunakan rail/coach card untuk mode transportasi luar kota. Untuk mendapatkan diskon sampai dengan 30% anda bisa mendaftar untuk mendapatkan Rail Card (untuk kereta api), atau Coach Card (untuk bus) dengan menunjukkan status anda sebagai mahasiswa.
  12. Belanja buah dan sayur segar di pasar tradisional Wednesday and Saturday Market. Untuk di Nottingham, di dekat Asda Hyson Green setiap hari Rabu dan Sabtu pagi ada pasar tradisional. Disini, anda bisa membeli sayur dan buah segar dengan harga sangat murah. Dijamin deh, 50% lebih murah dari di supermarket.
  13. Berburu barang murah bekas di Car Boat. Ini adalah tempat favourite saya untuk belanja. Karena disini anda bisa mendapatkan hampir semua barang keperluan hidup dan rumah ada disini. Pakaian, buku, alat masak, alat makan, sepeda, mainan, perabot rumah tangga, sepatu, gift, tas, dan lain2 yang anda butuhkan tapi bekas sangat layak pakai semua ada disini dengan harga sangat murah. Buku seperti novel disini hanya dijual sekita £0.3. Jaket atau sepatu bekas masih sangat layak pakai seharga £2. Untuk di Nottigham, car boat terbesar ada setiap hari minggu di Colwick. Dari Victoria Centre di City Centre, anda bisa naik bus Nomer 44. Cerita lanjut ada disini.

Gimana? Lumayan kan bisa berhemat dan menghasilkan penghasilan tambahan? Bisa buat jalan-jalan euy, tanpa merasa berdosa karena hasil dari peluh dan keringat kita sendiri :D.

Semoga Bermanfaat.

28 thoughts on “Tips Hidup Hemat di Inggris (ala mahasiswa kantong cekak)

  1. nice post…it is very useful Cak. Hampir saya lakukan semuanya. Asrama Queen’s 349-450, di luar bisa 200-250 all bills are included.
    Btw, untuk foto pada tip ke-2, sudah mulah jarang saya lakukan: Kombinasi karbo dengan karbo++ :-) . Jangan lupa semboyan di negeri orang: hidup sehat walau hemat.. he2x

  2. Mas Iswadi takut gendut ya mas? Ya khan bisa olahraga hahaha.. *ngeyelan ki aku*

    Wah sip iki kak son, pokoke duik sing soko negoro digunakne digawe sinau wae, nek dolan2 mending golek dewe berati yak ben gak merasa berdosa hahaa..

  3. wah, bener2 harus kuat tirakat dan prihatin pak ya kalo menuntut ilmu… hehe…tapi emang bener pak, saya setuju… hehe

  4. wah makasi bnyak infonya ya mas :) sya alhamdulillah dpt beasiswa sekolah ke cardiff insyaallah akan berangkat thn ini, tips2 nya ini berguna bgt :)

  5. Assalaamualaikum Cak Son, dulu tidak jadi berangkat karena kalkulasi yang satu ini. Karena saya berpikir, dengan beasiswa yang akan didapat, bawa anak tiga lumayan repot. Sedangkan tidak terpikir bagaimana harus kerja sambilan, Masih penasaran ingin tinggal di sana, mudah-mudahan bisa apply internship. BTW, penasaran dengan kalkulasi hidup sendiri dan berkeluarga di Nottingham. Dulu sempat tanya ke bu Maryati. nah, kira-kira, hidup di Nottingham ala orang Indonesia, untuk single dan keluarga berapa sih? Dan cari kerja memang sangat gampang? Karena saya di sini punya teman, 5 tahun pernah di glasgow. Katanya, justeru rezeki dia itu di eropa, mengalir tidak pernah henti karena mudahnya cari kerja, kalau di Jepang lumayan sulit, karena bahasanya :-). Terima kasih ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s